News

Pemerintah Larang Diskon Tarif Ojek Online

0
mendagri ojek online
Ilustrasi ojek online

STARJOGJA.COM, News – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan akan membuat aturan yang melarang adanya diskon atau potongan harga dalam transportasi online termasuk ojek online (Ojol). Diskon tarif ojek online itu dapat membuat dua aplikator saling membunuh satu sama lain.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan tarif ojek online terdiri atas diskon baik secara langsung maupun tidak langsung. Diskon langsung merupakan potongan yang diberikan oleh aplikator, sedangkan diskon tidak langsung diberikan melalui teknologi finansial yang mendukung operasional aplikator.

“Tapi diskon yang langsung sudah relatif tidak ada, yang sekarang ini ada diskon yang tidak langsung yang diberikan oleh partner-partner ya,” terangnya dari Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, Senin (10/6/2019).

Baca Juga : Pendapatan Ojek Online Yogyakarta Melebihi UMR

Menurutnya, tarif transportasi online harus memiliki titik keseimbangan antara kedua aplikator.

“Jadi dengan equals maka kita minta tidak ada diskon-diskon,” imbuhnya.

Dia melanjutkan pihaknya tengah membentuk peraturan menteri perhubungan (PM) soal diskon tarif ojek online.

“Diskon ini kan memang memberikan suatu keuntungan sesaat, tapi for the long time itu saling membunuh. Itu yang kita ingin tidak terjadi,” jelasnya.

Taksi online diatur dalam regulasi Peraturan Menteri Perhubungan (PM) No. 118/2018 tentang angkutan sewa khusus (ASK) yang mengatur keberadaan taksi online. Sementara itu, ojek online diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (PM) No. 12/2019 tentang perlindungan keselamatan pengguna sepeda motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat.

Aturan mengenai ojek online akan direvisi dalam waktu dekat, dengan perubahan terutama terkait diskon serta pengurangan biaya jasa flagfall perjalanan di bawah 4 kilometer (KM) yang saat ini berkisar Rp7.000—Rp10.000.

Sanksi PNS Bolos Kerja Hari Pertama Usai Idul Fitri

Previous article

Golden State Warriors Memenangkan Gim Kelima

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News