Awas, Tinggi Gelombang Pantai Selatan Bisa Mencapai 5 Meter

0
6
tinggi gelombang
Ilustrasi Kerusakan di Pantai Sepanjang ( FOTO : SAR Baron)

STARJOGJA.COM. JOGJA – BMKG Yogyakarta mengingatkan masyarakat masih adanya potensi adanya gelombang tinggi di perairan sisi selatan pulau Jawa. BMKG menyebut pada hari iniĀ Tinggi Gelombang Pantai Selatan Bisa Mencapai 5 Meter

“Tinggi gelombang laut di perairan selatan DIY diprakirakan mencapai 4,0 – 5,0 meter dengan pergerakan dari selatan ke utara,” terang Indah, Staff BMKG Yogyakarta pada Star Jogja FM, Kamis Pagi ( 13/06).

Dengan adanya potensi tersebut, diberitakan sebelumnya, BMKG meminta masyarakat khususnya wisatawan dan nelayan untuk mewaspadai adanya potensi gelombang tinggi tersebut. Diprediksi gelombang tinggi ini pun masih akan terus terjadi hingga Agustus mendatang dengan ketinggian fluktuatif.

” Gelombang tinggi, terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara yang cukup signifikan antara benua Australia sebagai pusat tekanan udara tinggi yang mencapai 1.027 milibar dengan benua Asia sebagai pusat tekanan udara rendah dengan tekanan 1.004 milibar,” lanjut Indah.

Menurutnya, perbedaan udara yang cukup besar berdampak peningkatan kecepatan angin yang kemudian mengakibatkan gelombang tinggi di laut selatan Jawa. Angin dari Australia menuju Asia meningkat kecepatannya dan melewati Samudera Hindia sehingga gelombang tinggi ini juga terasa di DIY.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here