Kota JogjaNews

Piagam Sonobudoyo Ciptakan Edukasi Kreatif Kepurbakalaan

0
piagam sonobudoyo

STARJOGJA.COM. JOGJA – Piagam Sonobudoyo jadi tanda berakhirnya Festival Purbakala 2019, Rabu Malam (19/06). Piagam Sonobudoyo dihadirkan untuk menciptakan edukasi kreatif kepurbakalaan.

Sigit Sugito, Ketua Panitia menyebutkan, penutupan selain disemarakkan Malam Purba Mileniakala, pemikiran juga merangkum pemikiran, kepedulian terhadap kepurbakalaan yang dituangkan dalam Piagan Sonobudoyo.

“Piagam Sonobudoyo ini berisi 6 pokok pikiran untuk dukungan pelestarian kepurbakalaan di Indonesia ,” ucapnya.

Pokok pikiran Pertama adalah mendukung dan ikut terlibat untuk melestarikan, merawat serta menjaga segala bentuk bangunan cagar budaya baik yang berbentuk maupun tak berbentuk. Kedua, meyakini bahwa apa yang terjadi di masa lalu merupakan rangkaian yang saling berkaitan untuk hari ini dan masa yang akan datang.

Ketiga, melestarikan nilainilai filosofi positif yang terkandung dalam peninggalan masa lampau sebagai landasan maupun acuan gerak peradaban masa depan, secara fisik dan nonfisik. Keempat, menciptakan edukasi kreatif tentang kepurbakalaan kepada generasi milenial sebagai upaya meneguhkan orientasi kebangsaan.

Kelima, mendukung sepenuhnya kepada semua pihak untuk mewujudkan Kota Yogyakarta sebagai Kota Warisan Sejarah Dunia dan siap menjadi tuan rumah Konferensi Liga Kota Bersejarah Dunia.

Keenam. mendukung sepenuhnya keterlibatan kraton, kampus, keprajan dan kampung untuk bersamasama menjaga dan mewujudkan DIY sebagai kota filosofi.

Diketahui, Kegiatan ini bertajuk ‘Heritage Festival-Purba Mileniakala, Membaca Masa Lalu, Melakoni Masa Kini, Menata Masa Depan’ tersebut untuk menandai Hari Purbakala 2019.

PMI DIY Berikan Penghargaan Kepada 854 Personel Siaga Lebaran

Previous article

Sultan : Sleman City Hall Harus Bawa Nilai Tambah Untuk Masyarakat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja