Info KopiKOPIKU

Yuk Ngopi di Banaran 9 Coffee & Tea Gemawang

0
Banaran 9 Coffee & Tea Gemawang
FOTO : Bobby V

STARJOGJA.COM. SEMARANG – Ada banyak tempat ngopi yang menawarkan suasana beda. Salah satunya adalah di Banaran 9 Coffee & Tea Gemawang. Tempat ngopi yang terletak di Desa Gemawang, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang ini menawarkan suasana santai di bangunan peninggalan Belanda.

Banaran 9 Coffee & Tea Gemawang merupakan salah satu cabang dari unit usaha kedai kopi dan teh yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (PTPN IX).  Bangunan Banaran 9 Coffee and Tea Gemawang bergaya klasik dengan bangunan peninggalan Belanda.

Area di depan bangunan dikemas menjadi taman dan area bermain anak. Tempatnya didesain sebagai resto taman dengan suasana nyaman yang sejuk dan asri. Resto ini mempunyai bangunan yang bernuansa heritage. di lokasi ini anda juga bisa menyambangi museum dan pabrik kopi yang menyajikan informasi sejarah kopi di Indonesia.

Museum Kopi Banaran letaknya bersebelahan dengan Pabrik Kopi Banaran. Keduanya merupakan one stop tourism and education service milik PT Perkebunan Nusantara IX. Sebagai perusahaan milik negara, PT Perkebunan Nusantara IX memiliki beberapa produk unggulan selain kopi Banaran yaitu teh Kaligua, Gula 9, dan Sirup Pala 9.

BACA JUGA : Ini Tips Sederhana Menyeduh Kopi di Rumah

Museum Kopi ini menyimpan sejarah panjang perjalanan kopi di Indonesia. Pengunjung dapat melihat varian-varian kopi Indonesia disini, beserta dengan peralatan pengolahan kopi klasik, seperti alu (alat menumbuk kopi), manual grinder, dan tentu saja sejarah dari Kopi Banaran. Pengunjung dapat melihat beragam kopi Indonesia dari barat hingga timur Indonesia.

Di pabrik kopi Banaran pengunjung dapat melihat proses pengolahan kopi dari kebun. Mulai dari proses penyortiran awal, proses pengupasan kulit kopi, hingga proses penyortiran biji kopi berdasarkan kualitas. Pengunjung juga dapat mencoba merasakan kopi langsung dari pabriknya yang biasa disebut dengan coffee cupping karena di sini juga menampilkan proses roasting biji kopi hingga menjadi kopi bubuk siap minum.

Angka Harapan Hidup di Sleman Tertinggi di Indonesia

Previous article

Alasan Reza Rahadian Tidak Memiliki Akun Media Sosial

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Info Kopi