Health

Jahe Merah Cara Mahasiwa UNY Atasi Jerawat

0
jahe merah
jahe merah

STARJOGJA.COM, Flash Info – Saat ini banyak inovasi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah jerawat seperti masker wajah. Namun, saat ini banyak masker wajah yang menggunakan bahan kimia yang memberikan efek samping bagi tubuh. Untuk itu mahasiswa UNY memanfaatkan jahe merah sebagai bahan dasar pembuatan masker wajah yang lebih alami dan aman bagi kesehatan kulit untuk masalah jerawat.

Fahmi Andari prodi manajemen UNY, Fatimah Nur Aini prodi akuntansi, Durrotun Nasihah Sa’adah dan Estu Rahajeng prodi pendidikan kimia meneliti Jahe erahuntuk mengobati jerawat. Fahmi Andari mengatakan jahe merah memiliki banyak manfaat.

“Salah satunya yaitu untuk menjaga kesehatan kulit, terutama untuk mengatasi masalah jerawat,” kata Fahmi sesuai rilis yang diterima Starjogja.com Kamis (27/6/2019).

Baca Juga : Mahasiswa UGM Kembangkan Salep Luka Diabetes dari Jahe Merah

Jahe merah mempunyai efek farmakologis diantaranya menghambat keluarnya enzim 5-lipoksigenase dan siklo-oksigenase, selain itu aktivitas farmakologi jahe merah yang berperan sebagai anti inflamasi adalah gingerol dan shagaol yang merupakan komponen utama dari minyak atsiri.

Menurut Fatimah Nur Aini keunggulan dari produk ini adalah produk menggunakan bahan alami yang tentunya aman bagi kulit, mengandung banyak manfaat, dan harganya terjangkau. Dilihat dari peluang usaha, ketersediaan bahan baku yang mudah ditemui dan karena produk memiliki kandungan alami membuat produk ini berpotensi akan diproduksi lanjut dalam jangka panjang.

Durrotun Nasihah Sa’adah menjelaskan, bahan yang dibutuhkan untuk membuat masker wajah jahe merah adalah pisau, oats, blender, minyak zaitun, jahe merah, beras, talenan dan oven.

Prosesnya, pertama kali jahe dikupas dan dicuci. Kemudian diiris tipis, dijemur di bawah terik matahari selama 2 hari atau dioven hingga jahe kering. Setelah kering jahe dihaluskan dengan blender hingga menjadi bubuk jahe. Lalu dicampur dengan bahan lainnya, yaitu tepung beras organik, oats, dan minyak zaitun.

Langkah terakhir yaitu proses pengemasan masker jahe siap pakai dengan ukuran 50 gram. Karya ini berhasil meraih dana Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan tahun 2019.

Pinsar Minta Pemerintah Selamatkan Peternak Kecil

Previous article

Jual Rokok Ilegal Kena Pidana 5 Tahun

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health