Flash Info

UGM Kirim Kembali Ekspedisi Nusantara Jaya

0
Ekspedisi Nusantara Jaya
Ekspedisi Nusantara Jaya UGM (Desi Noviani)

STARJOGJA.COM, Info – Universitas Gadjah Mada kembali mengirimkan perwakilan mahasiwa untuk mengikuti kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) tahun 2019. Tim ENJ UGM yang terdiri dari 21 mahasiswa dari berbagai fakultas dan program studi akan melakukan ekspedisi di Desa Dullah Laut, Kecamatan Dullah Utara, Kota Tual, Maluku mulai tanggal 4 Juli hingga 29 Juli 2019.

Pada Jumat, 28 Juni 2019, telah dilaksanakan pelepasan sekaligus pembekalan bagi perwakilan mahasiswa yang tergabung dalam tim tersebut bertempat di Ruang Multimedia 2, Gedung Pusat, Universitas Gadjah Mada. Pelepasan dihadiri oleh Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim, Ir. Elvi Wijayanti, M.Sc., Dr. R. Suharyadi, M.Sc. selaku Direktur Kemahasiswaan UGM, dan Agus Hartono, S.E. M.Ec.Dev selaku pembina tim ENJ UGM.

Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) adalah program sosial kemasyarakatan inisiasi dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia melalui Deputi Bidang Koordinasi SDM IPTEK dan Budaya Maritim. Terselenggaranya program tersebut bertujuan untuk meningkatkan wawasan kemaritiman dan membangkitkan budaya maritim bagi generasi muda Indonesia. Selain itu, diharapkan dapat mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Baca Juga : UGM Bantu Peternak Ayam Yogya

Hingga tahun 2018, sebanyak 8.000 mahasiswa dilibatkan dalam kegiatan ENJ. Pada tahun 2019, ditargetkan sebanyak 1.000 mahasiswa dari 40 perguruan tinggi berpartispasi berlayar memasuki pulau – pulau terdepan di seluruh wilayah Indonesia.

Elvi Wijayanti dalam sambutannya menyampikan bahwa potensi alam di Indonesia sangat besar bukan hanya daratan namun juga meliputi 2/3 luas wilayahnya berupa lautan serta kondisi penduduknya yang heterogen.

“Kita mempunyai banyak potensi besar dalam kemaritiman dan sudah di posisi ini maka tidak boleh berhenti menggapai cita – cita ke depan dalam meningkatkan peran di sektor maritim,” tuturnya Jumat 28 Juni 2019.

Elvi juga menghimbau kepada generasi muda supaya dapat melakukan lebih banyak eksplorasi kekayaan laut Indonesia sebagai negara maritim. Pembekalan yang disampaikan oleh Elvi salah satunya mengenai penguatan wawasan kemaritiman dan kapasitas SDM yang kompeten dan berdaya saing di Kemenko Maritim yakni meliputi pendidikan kemaritiman, sertifikasi profesi kemaritiman, pelatihan teknis kemaritiman, penningkatan kapasitas SDM kemaritiamn dan kepariwisataan, percepatan sertifikasi SDM kemaritiman, kurikulum kemaritiman, dan Gerakan Indonesia Bersih (GIB).

Pelepasan dipimpin oleh Elvi Wijayanti didampingi dengan Suharyadi melalui penyematan topi dan slayer ENJ 2019 kepada perwakilan tim. Pada tahun ini, ENJ UGM mengangkat tema “Pengembangan Potensi Kemaritiman Lokal Desa Dullah Laut, Kecamatan Dullah Utara, Kota Tual, Provinsi Maluku dalam Mendukung Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.”

Zulfi Rima Mardiana, koordinator Ekspedisi Nusantara Jaya UGM 2019, menyampaikan selama ini pembangunan di kawasan timur mengalami ketertinggalan dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia, salah satunya ada di Desa Dullah Laut yang nantinya akan kami tinggali sebagai lokasi pengabdian. Menurutnya, Desa Dullah Laut memiliki potensi alam yang sangat kaya,  serta keindahan alam yang mempesona namun belum mampu dimanfaatkan dengan baik.

“Kami ber- 21 orang dari berbagai bakcground pendidikan, berniat untuk mengabdi kurang lebih sebulan lamanya melalui Ekspedisi Nusantara Jaya,” tambahnya.

Kegiatan tim di lokasi pengabdian diwujudkan ke dalam beberapa program kerja yang disusun oleh masing – masing divisi meliputi aspek pendidikan, aspek lingkungan, aspek kesehatan, dan aspek ekonomi-pariwisata. Program yang disusun merupakan bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan kebijakan pembangunan daerah, khususnya di kawasan timur, dan diharapkan dapat mendukung Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Perempuan Bawa Anjing ke Masjid, Awas Ada Malaikat

Previous article

Cuaca Dingin Picu Penularan Virus Flu Lebih Tinggi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info