Kota Jogja

Setelah Aksi, Harga Ayam di Peternak Terus Naik

0
Program chickenisasi bandung
pembagian 5000 ekor ayam si timur Kridosono
STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Pasca aksi bagi bagi ayam gratis pada pekan lalu, harga ayam di peternak terus naik. Apayo menyebut kenaikan ini merupakan salah satu berkah dari aksi yang disambut meriah masyarakat ini.

Ketua Asosiasi Peternak Ayam Yogyakarta (Apayo) Hari Wibowo menyebut dalam satu minggu terakhir terjadi kenaikan harga ayam di peternak. Kenaikan yang cukup signifikan ini terpantau satu hari pasca aksi hingga Selasa kemarin.

“Saya juga heran karena dalam 1 minggu harga bisa naik terus. Sampai Selasa harga beli di tingkat pedagang sudah mencapai  Rp 19 ribu, sementara di pasar tetap Rp 32 Ribu,” jelas Hari kepada Star Jogja FM, Rabu ( 03/07).

Baca Juga :Ribuan Orang Antri Pembagian 5000 Ekor Ayam Gratis

Ia juga menyebut, kenaikan harga beli ayam ini juga dipengaruhi campur tangan pemerintah lewat tim satgas pangan yang turun ke lapangan untuk memantau disparitas harga.

“Keberadaan satgas pangan yang turun ke lapangan juga turut mendukung perbaikan harga ini. Mungkin bakul juga merespon apa yang disampaikan oleh tim satgas pangan,” kata Hari.

Terkait over supply , Hari menyebut kondisi ini masih terjadi di lapangan karena tidak mungkin bisa menjual ayam dalam waktu yang sedemikian cepat. Namun ia menduga ada campur tangan pemerintah kepada para pemain besar yang menguasai pasokan bibit ayam ke pasar agar bisa mengatur penyaluran ke pasar agar seimbang antara pasokan dan permintaan.

“Prediksi saya ada beberapa pemain besar ditegur pemerintah agar tidak mengeluarkan ayam secara bersamaan. Pasokan pasar dibuat seideal mungkin, imbang supply dan demand,” katanya.
Bayu

Jemaah Haji Waspadai Heat Stroke atau Serangan Panas

Previous article

Mahasiswa UMY Buat Mesin Pencacah Serabut Kelapa

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja