News

Rumah DP Rp 0 Bukan Solusi Jangka Panjang

0
Subsidi KPR
Ilustrasi Pembangunan RUmah ( FOTO : Bisnis.com)

STARJOGJA.COM, Info – Pengamat properti Anton Sitorus menilai program rumah DP Rp 0 bukan solusi jangka panjang bagi permasalahan kebutuhan tempat tinggal di DKI Jakarta.

“Untuk solusi sementara tidak apa-apa, melihat kondisi ekonomi masyarakat saat ini. Tapi ini jangan dijadikan jangka panjang,” ujar Anton, Kamis kepada Antara (4/7/2019).

Menurut Anton, selama ini masyarakat sudah terbiasa menyetor uang muka untuk pembelian suatu barang dengan harga mahal, seperti properti dan kendaraan.

Uang muka, menurut dia, adalah sebagai tanda kemampuan untuk memiliki barang yang dibeli dengan cara mencicil tersebut.

Baca juga:  3.000 Rumah Murah Segera di Bangun di Jogja, Ini Lokasinya

Lebih jauh, program rumah tanpa uang muka itu dikhawatirkan akan tidak tepat sasaran dan berimbas kerugian pada bank.

“Namun, semua antisipasi untuk skema rumah DP Rp 0 pasti sudah dipikirkan matang-matang. Sektor properti akan berdampak positif, dan tentu konsumen akan diuntungkan,” kata Anton.

Dengan program rumah DP Rp 0 tersebut pengembang akan berkesempatan mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar untuk segmen rumah menengah ke bawah.

Sementara itu, Sekretaris Komisi D DPRD DKI Jakarta Pandapotan Sinaga juga menilai bahwa program rumah DP Rp0 bukan solusi dari permasalahan kebutuhan tempat tinggal di Jakarta.

“Saya lebih suka mendorong rumah susun dan pengelolaan rusunawa. Program DP Rp0 siapa yang dapat? Rusunawa lebih tepat sasaran untuk orang yang tidak mampu,” ujar Pandapotan.

Proses kredit program rumah DP Rp0 yang berada di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, akan dimulai pekan depan. Pembangunan rumah tersebut masuk tahap topping off pada Januari 2019 dan ditargetkan selesai Juli 2019.

Program rumah DP Rp 0 tersebut merupakan salah satu janji kampanye Anies Baswedan saat mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Wangi Minyak Kemenyan Menarik Para Investor

Previous article

Ini Harga Tiket PSS Sleman Lawan Kalteng Putra

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News