Kota JogjaNews

Tiket Mahal, Wisatawan Domestik Alihkan Liburannya ke Luar Negeri

0
peningkatan mobilitas DIY

STARJOGJA.COM, JOGJA – ASITA DIY khawatir mahalnya harga tiket pesawat akan membuat wisatawan domestik alihkan liburannya ke luar negeri. Kondisi ini dinilai berbanding terbalik dengan rencana pemerintah meningkatkan kunjungan wisatawan domestik.`

Ketua Asita DIY Udi Sudiyanto mengatakan mahalnya harga tiket pesawat rute domestik ketimbang tujuan luar negeri antara lain Singapura, Malaysia, Thailand dan negara ASEAN lain dapat berdampak terhadap kunjungan wisatawan domestik ke luar negeri.

” Contohnya harga tiket ke Kuala lumpur itu lebih murah. Kalau yang seperti ini terus terjadi , maka Wisatawan domestik akan mempertimbangkan kunjungan ke luar negeri ketimbang daerah di Indonesia. Apalagi ada rasa kebanggaan bisa bepergian ke luar negeri,” jelas Udi kepada Star Jogja FM, Star

Ia memprediksi jumlah kunjungan Wisatawan dari luar Pulau Jawa akan ada penurunan. Sementara wisatawan domestik yang dari berasal dari sekitar DIY akan lebih beralih ke kendaraan pribadi. Kondisi ini akan membuat industri jasa pariwisata DIY lesu.

” Wisatawan yang datang akan menggunakan kendaraan pribadi. Mereka akan mencari lokasi wisata yang mudah dijangkau dan tidak menggunakan jasa seperti rental kendaraan lokal,” lanjutnya.

BACA JUGA : Tarif Penerbangan Ekonomi Akan Diturunkan

Sementara saat ditanya pengaruh mahalnya tiket pada kunjungan wisatawan asing, Udi mengatakan kondisi itu juga sangat berpengaruh pada minat berkunjung ke obyek wisata yang ada di wilayah Indonesia.Ia khawatir tidak sinkronnya antara target wisatawan dan faktor pendukung kunjungan akan membuat target kunjungan yang dicanangkan tidak tercapai.

” Saat ini seolah semua element jalan sendiri. Kemenpar membuat target tinggi, sementara kemenhub tidak mampu menciptakan regulasi tiket yang terjangkau. Parahnya lagi, harga tiket masuk ke sejumlah obyek wisata mahal bagi orang asing. Ini semakin membuat minat turun,” keluhnya.

Udi mendorong semua element terkait duduk bersama untuk menciptakan iklim usaha pariwisata yang baik dan mampu menarik minat wisatawan datang ke Indonesia dan DIY pada khususnya.Menurutnya, Kebijakan penurunan harga pesawat yang ditempuh saat ini tidak akan langsung berdampak pada kunjungan wisatawan.Kebijakan itu baru akan terasa pada beberapa bulan mendatang.

Sleman Terus Upayakan Penurunan Angka Kekerasan Pada Anak

Previous article

Jadikan Pantai di DIY Rumah Konservasi Penyu

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja