News

UGM Buat Buku Kasus-Kasus Manajemen Perusahaan

0
kasus-kasus manajemen perusahaan
kasus-kasus manajemen perusahaan di Indonesia (Humas UGM)

STARJOGJA.COM, Info – Program magister Manajemen FEB UGM kembali meluncurkan buku soal kasus-kasus manajemen perusahaan di Indonesia. Peluncuruan buku ini diluncurkan pada perayaan peringatan Dies ke-31 pada bulan Juli ini. Di buku seri ke-5 kasus-kasus manajemen kali ini setidaknya mengupas tuntas manajemen di sepuluh perusahaan diantaranya Wikikopi, Danone Aqua, Sarinah, Adhi Karya, dan Aneka Gas Industri.

Manajer MM UGM Bayu Sutikno,  mengatakan buku ini ditulis oleh para mahaiswa bersama dosen untuk secara bersam-sama menganalisis setiap kasus manajemen masing-masing perusahaan meliputi bidang kepemimpinan, tingkat keberlanjutan perusahaan dan manajemen perusahaan.

Sebagai salah satu penyunting dalam buku tersebut, Bayu menjelaskan berbagai analisis kasus manajemen perusahaan ini akan menjadi bahan pembelajaran bagi mahasiswa MM UGM untuk menambah pengetahuan dari pengalaman perusahaan untuk tetap bisa bertahan dan terus berkembang.

Baca Juga : Sandiaga Uno Belajar Manajemen Masjid Jogokaryan

“Tidak berbeda dengan sekolah bisnis di luar negeri, buku semacam ini digunakan MM UGM sebagai rujukan bahan pembelajaran di kelas,” kata Bayu kepada wartawan, Rabu (10/7/2019).

Dikatakan Bayu, sejak 2012 lalu MM UGM telah menerbitkan 5 buku tentang kasus-kasus manajemen perusahaan yang memuat sekitar 50 perusahaan. Penerbitan rutin buku seri kasus manajemen menurutnya sebagai bentuk komitmen MM UGM untuk terus berkontribusi dalam peningkatan kualitas proses pembelajaran. “Kita ingin memperkaya perspektif mahasiswa. Bahkan dari kasus manajemen yang ada ini bisa menjadi acuan bagi pemimpin perushaan tingkat nasional maupun tingkat global,” katanya.

Seperti diketahui, buku ke 5 soal kasus manajemen perushaan ini bertajuk Leadership and Sustainable Management dengan contoh 10 kasus yang didalamnya memberikan dampak yang lebih luas soal pembelajaran. Salah satu isi buku tersebut mengupas tentang tantangan PT Sarinah dalam menghadapi bisnis retail atau e-commerce yang sudah berkembang pesat di tanah air. Diceritakan bagaimana pengelola Sarinah melakukan berbagai perluasan investasi usaha untuk optimalisasi aset serta ekspansi unit usaha dalam menangkap peluang bisnis yang muncul. Perusahaan yang berdiri sejak 1962 ini yang mengemban misi mempromosikan produk UMKM serta memeliharta karya budaya bangsa ini, selain bergerak di bisnis retail juga melakukan kegiatan ekspor impor dan distribusi barang, perhotelan dan perdagangan valuta asing.

Selain sarinah, buku ini juga mengupas perjalanan Adhi Karya dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Meski bergerak dalam binis konstruksi namun inovasi dan digitalisasi digunakan untuk mempercepat proses kerja dan meningkatkan produktivitas perusahaan ini.

Siswa Sebagai Tombak Utama Memberantas Pungutan Liar

Previous article

Ganjar Pranowo Main Film Berjudul Sang Perwira

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News