Kab GunungkidulNews

127.977 Warga Gunungkidul Terdampak kekeringan

0
Pamsimas
JIBI

STARJOGJA.COM. GUNUNGKIDUL – 127.977 Warga Gunungkidul Terdampak kekeringan. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul menyebut jumlah warga terdampak kekeringan terus bertambah.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki, mengatakan jajarannya terus mendata jumlah warga terdampak kekeringan.

“Jumlah warga terus bertambah karena data di awal hanya mencapai puluhan ribu jiwa, tapi sekarang mencapai ratusan ribu jiwa,” kata Edy kepada wartawan, Rabu (10/7/2019).

BACA JUGA : Ada 4 Kecamatan di Gunungkidul Sudah Dropping Air

Dia menjelaskan, dari 18 kecamatan di Gunungkidul ada 14 kecamatan yang terdampak kekeringan. Empat wilayah yang terbebas dari krisis air bersih yakni Kecamatan Wonosari, Karangmojo, Playen dan Saptosari.

Menurut Edy, dari 14 kecamatan, wilayah Kecamatan Girisubo, Tepus, Rongkop dan Paliyan menjadi kecamatan yang mengalami kekeringan terparah. Sebagai contoh, katanya, di Kecamatan Girisubo ada 21.718 jiwa yang terdampak kekeringan, Paliyan sebanyak 16.978 jiwa, Tepus sebanyak 12.441 jiwa dan Rongkop sebanyak 9.922 jiwa. \

“Kami terus mendata karena diprediksi puncak musim kemarau terjadi di Agustus mendatang,” katanya.

Disinggung mengenai penyaluran bantuan air bersih, Edy mengaku terus memberikan bantuan. Total hingga saat ini BPBD gunungkidul sudah memakai anggaran dropping sebanyak Rp90 juta.

“Tahun ini kami alokasikan dana sebesar Rp530 juta untuk dropping. Permintaan bantuan langsung kami penuhi asalkan ada permintaan resmi dari desa,” kata mantan Sekretaris Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemkab Gunungkidul ini.

Dikatakan Edy, untuk penyaluran air bersih BPBD tidak sendirian. Selain pemerintah kecamatan, dropping air juga dilakukan sejumlah lembaga swasta.

“Harapan kami sebelum bantuan disalurkan ada koordinasi dengan BPBD agar bantuan tidak tumpang tindih dan tepat sasaran,” katanya.

Awas ! 8 Kebiasaan Kecil Ini Bisa Merusak Kesehatan Mata

Previous article

OPINI : Sinergitas Antara Satber Pungli Dengan Stakeholder DIY

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *