NewsPendidikan

Mahasiswa UGM Kembangkan Alat Bantu Baca Penyandang Tunanetra

0
alat bantu baca tuna netra

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Tiga mahasiswa UGM Kembangkan alat bantu baca penyandang tunanetra. Alat bantu itu dinamai BR-BLIND.

Alat yang dirancang oleh Yassir Dinhaz (Sekolah Vokasi), Mahmud Fauzi (FT) dan Nicolas Christianto (FT) ini bekerja dengan cara mengkonversi teks dari media cetak diubah menjadi suara yang bisa langsung didengar penyandang tunanetra.

Yassir mengatakan pengembangan BR-BLIND berawal dari keperihatinan mereka akan minimnya ketersediaan jenis buku-buku versi braille. Hal tersebut menghambat keterjangkauan para penyandang tunanetra pada jenis buku dengan berbagai macam tema.

“Hal ini jelas perlu ditanggapi dengan serius mengingat anak-anak perlu mendapat banyak jenis asupan informasi untuk mengasah daya kreatifitas mereka,”urainya.

Kondisi itulah yang akhirnya menggerakan ketiga mahasiswa muda itu mengembangkan sebuah inovasi teknologi untuk membantu penyandang tunanetra. Dengan alat tersebut diharapkan nantinya dapat membuka akses membaca yang lebih luas bagi penyandang tunanetra

“Perangkat yang kita kembangkan memakai beberapa algoritma Image Preprocessing sebelum dikonversi menjadi teks oleh OCR (Object Character Recognition). Keluaran teks akan diubah menjadi keluaran suara oleh TTS (Text-to-Speech) Engine,” papar Yassir, Kamis (11/7) di UGM.

Perangkat BR-BLIND ini langsung terhubung dengan tunanetra. Dengan demikian bsia menfasilitasi mereka untuk dapat mengakses informasi yang tidak diperoleh dari buku-buku versi braille.

Nicholas menambahkan alat ini dapat diakses tanpa menggunakan koneksi internet sehingga dapat digunakan dimana saja. Kondisi ini menjadikan alat berpotensi dikembangkan khususnya pada daerah-daerah remote dimana internet sangat sulit untuk diakses.

“Perangkat ini juga didukung oleh skema desain yang ramah disabilitas sehingga mampu meningkatkan independent accessibility dan menekan tingkatdependency on help bagi para penggunannya,” jelasnya

Sajian Alami dari Soto Bathok Mbah Katro

Previous article

Shena Malsiana X Factor Keluarkan Single

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News