Ini Sejarah Panjang Patung Merlion Singapura

0
Patung merlion singapura
FOTO : Boby Visca
STARJOGJA.COM, SINGAPURA. Icon Singapura ini selalu diburu wisatawan yang datang ke negara yang tak jauh dari Indonesia ini. Patung Merlion namanya. Berikut ini adalah Sejarah Panjang Patung Merlion Singapura.
Merlion pertama kali dirancang sebagai lambang Singapore Tourist Promotion Board (STPB) pada tahun 1964 dan sang kepala singa dengan badan ikan di atas puncak ombak ini menjadi ikon Singapura bagi dunia. Patung Merlion dirancang oleh Mr. Fraser Brunner dan dibangun oleh seniman Singapura, Lim Nang Seng. Patung ini berukuran tinggi 8,6 meter dan berbobot 70 ton.
Patung Merlion tidak hanya ada satu-satunya di Singapore, namun Patung Merlion memiliki ukuran yang lebih kecil dan dinamakan sebagai Cub. Cub adalah anak dari Merlion yang keduanya dibangun di depan Singapore River. Merlion Cub terletak 28 meter di belakang sang Merlion. Peresmian kedua patung tersebut dilakukan pada 15 September 1972. Namun sebenarnya sudah direncanakan sejak tahun 1964.
Bentuk patung Merlion adalah Ikan yang melambangkan kota kuno Temasek, yang jika diartikan dalam bahasa Jawa artinya laut. Temasek ini adalah nama Singapura sebelum Pangeran Sang Nila Utama mengubahnya menjadi “Singapura” yang dalam bahasa Sansekerta bermakna Kota Singa. Ternyata, di balik patung Merlion ini tersimpan sejarah panjang. Bahwa dahulunya Singapura adalah sebuah perkampungan nelayan yang sederhana.
Sebelumnya, patung Merlion dan anaknya Cub ditempatkan di depan Singapore River di seberang Elizabeth Walk. Namun akhirnya patung ini dipindahkan ke lokasi baru yang jaraknya sekitar 120 meter dari lokasinya yang lama. Saat ini lokasi patung Merlion yang baru dinamakan sebagai Merlion Park. Lokasi yang sekarang memang jauh lebih strategis, karena menjadi lokasi yang memberikan panorama langsung ke Marina Bay Sands, Esplanade Theater, dan The Fullerton. Lalu untuk lokasi Cub, anak dari Merlion diberikan jarak sekitar 28 meter darinya.
Wisatawan yang datang ke Singapura pastinya selalu berburu lokasi yang paling pas untuk mendapatkan foto yang menarik. Tidak puas rasanya jika mengunjungi Singapura tanpa membawa oleh-oleh berupa foto dengan patung Merlion ini. Jika anda ingin mendapatkan foto yang lebih sepi dan tidak terlalu banyak gangguan turis lain, maka pengunjung bisa memilih berfoto dengan Cub yang ukurannya sedikit lebih kecil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here