Kota JogjaNews

Pameran Seni Rupa “Wirama” Semarakkan FKY 2019

0
Pameran Seni Rupa "Wirama"

STARJOGJA.COM, JOGJA – Event ini bisa jadi salah satu alternatif mengisi weekend. Pameran seni rupa bertajuk Wirama yang jadi salah satu rangkaian acara penyemarak Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019 (FKY 2019) bisa dikunjungi di Museum Sonobudoyo. Pameran ini akan berlangsung hingga Selasa (16/7) setiap pukul 10.00—21.00 WIB.

Pameran ini melibatkan 33 seniman dengan beragam karya seni, di antaranya seni pahat, instalasi, fotografi, video, dan performance art. Pada acara pembukaan, pelukis Syahrizal Pahlevi mempraktikkan seni cukil kayu atau membuat lukisan dengan cara memahat sebidang kayu dan performance artistFJ Kunting turut hadir memeriahkan acara dengan live performance lempar batu ke arah seng yang terinspirasi dari mainan masa kecilnya bersama teman-temannya sepulang sekolah.

“Cara kita memaknai waktu akan kering tanpa hadirnya seni. Semoga karya-karya yang ditampilkan dapat membantu untuk memahami apa itu waktu,” ujar Lisistrata Lusandiana ,kurator pameran seni rupa bertajuk Wirama.

Selain kunjungan pada jam reguler, pengunjung dapat mengikuti tur pameran bersama kurator. Tur tersebut dilaksanakan pada Jumat (12/7) dan Sabtu (13/7) pada pukul 15.00 WIB.

Pada hari yang sama, gelaran seni bertema Wiraga menampilkan Pagelaran Wayang Kulit berlakon Petruk Ratu yang didalangi Ki Gondo Suharno di Halaman Sasono Hinggil Dwi Abad pada pukul 20.00 WIB. Selain itu juga digelar pameran seni instalasi publik berupa mobil kayuh yang dihias aksara Jawa. Instalasi publik dapat dilihat hingga Minggu (21/7) di Alun-Alun Selatan.

Acara bertema Wirasa pun dimulai pada hari yang sama. Lokakarya Komposisi Musik yang akan menggubah komposisi Kinanthi Sandhung dengan berbagai genre musik dilaksanakan di Museum Dewantara Kirti Griya hingga Senin (15/7). Lokakarya diadakan mulai pukul 12.00 hingga 17.00 WIB.

Ini Spec Laptop Gaming Seharga Rp 130 Juta

Previous article

Akhirnya, Jokowi Bertemu Prabowo!

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja