Kab Sleman

Harga Hewan Kurban di Sleman Naik

0
Limbah ternak
ilustrasi ternak sapi diantarany sapi Merapi (Harianjogja)

STARJOGJA.COM, News – Harga hewan Kurban seperti sapi dan kambing di Sleman mulai naik sebulan menjelang Idul adha. Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar Hewan Ambarketawang dan Rumah Potong Hewan, Yuda Andi Nugroho, mengatakan untuk harga sapi kenaikan harga berkisar Rp1 juta hingga Rp2 juta dari harga normal, sedangkan untuk kambing kenaikan berkisar Rp400.000 hingga Rp500.000 dari harga normal.

“Harga hewan kurban bervariasi tergantung dari bobotnya. Kalau berdasar tahun-tahun sebelumnya, kenaikan harga terjadi hingga hari H pelaksanaan Iduladha,” kata dia kepada Harianjogja Minggu (14/7/2019).

Dia mengatakan penjualan sapi dan kambing mulai meningkat berkisar 5% hingga 10%. Pedagang hewan di Pasar Hewan Ambarketawang, Kecamatan Gamping berjumlah sekitar 70 pedagang dan bakal bertambah mendekati Iduladha.

Baca Juga :  Hewan Kurban Harus kantongi Surat Keterangan Sehat Hewan

“Biasanya menjelang Iduladha bisa mencapai 100 penjual. Kami juga memiliki dokter hewan yang selalu siap memeriksa kondisi hewan yang mau dijual meskipun tidak menyeluruh,” ucap dia.

Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Kabupaten Sleman, Heru Saptono, jajarannya melakuan berbagai persiapan mulai dari sosialisasi terkait isu antraks dan cara penyembelihan hewan yang benar kepada masyakarat di berbagai desa di wilayah Sleman, khususnya takmir masjid.

“Saat Iduladha kami juga menerjunkan sekitar 200 personel di seluruh wilayah Sleman untuk memantau penyembelihan hewan kurban,” kata dia, Minggu.

Tidak Ada Perpeloncoan di Kota Jogja

Previous article

14 Kecamatan Gunungkidul Terkena Kekeringan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman