Flash Info

WHO Bunyikan Alarm Wabah Ebola Kongo

0
wabah Ebola Kongo
wabah Ebola Kongo tewaskan ribuan orang (Reuters)

STARJOGJA.COM, Info – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Rabu mengumumkan wabah Ebola Kongo sebagai darurat kesehatan internasional. WHO membunyikan alarm global yang jarang digunakan setelah virus ini mengancam akan menyebar ke kota besar dan ke negara-negara tetangga.

Terlepas dari vaksin yang sangat efektif dan respons internasional yang cepat setelah diumumkan 11 bulan lalu, wabah ini terbukti ulet dan memburuk di Kongo, dengan hampir 1.700 orang tewas karena wabah Ebola Kongo.

Kampanye kewaspadaan dan vaksinasi meluas dengan hampir 75 juta pemutaran di dua provinsi di timur laut Kongo. Tetapi bulan ini seorang pendeta meninggal setelah melakukan perjalanan ke Goma, sebuah kota berpenduduk 2 juta dan sebuah pintu gerbang ke negara-negara lain di wilayah tersebut. Pada hari Rabu, WHO melaporkan seorang wanita nelayan telah meninggal di Kongo setelah empat insiden muntah di sebuah pasar di Uganda, di mana 590 orang mungkin dicari untuk vaksinasi.

“Komite prihatin bahwa setahun setelah wabah, ada tanda-tanda mengkhawatirkan kemungkinan perpanjangan epidemi,” kata laporan komite.

Baca Juga : Ebola di Kongo Tewaskan 760 Orang

Komite telah di bawah tekanan dari banyak ahli yang merasakan skala wabah dan risikonya berarti harus diberi status darurat – hanya wabah penyakit kelima sejak WHO memperkenalkan penunjukan tersebut pada tahun 2005.

“Itu tidak menunjukkan tanda-tanda berada di bawah kendali,” kata Peter Piot, seorang anggota tim yang menemukan Ebola dan sekarang direktur London School of Hygiene & Tropical Medicine kepada Reuters.

“Saya berharap bahwa keputusan hari ini berfungsi sebagai seruan untuk mendorong aksi politik tingkat tinggi, meningkatkan koordinasi, dan pendanaan yang lebih besar untuk mendukung DRC dalam upaya mereka untuk menghentikan epidemi yang menghancurkan ini,” katanya.

PSM Swara Wardhana UNY Borong Juara Dunia

Previous article

Likes Instagram Akan Segera Dihapus

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info