Kota JogjaNews

BPJS Kesehatan Dorong Peserta Lama Gunakan Pembayaran Autodebet

0
autodebet bpjs kesehatan
FOTO : Aldi

STARJOGJA.COM. JOGJA – Peserta Program BPJS Kesehatan kini makin dimudahkan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan. Selain melalui beberapa metode pembayaran yang sudah ada, masyarakat bisa juga membayar dengan metode transaksi debet otomatis alias autodebet lewat aplikasi mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Angga Dwi Ananta, Staff Keuangan dan Penagihan BPJS Kesehatan cabang Sleman menjelaskan lewat fasilitas tersebut, maka iuran peserta mandiri akan langsung terpotong secara otomatis pada tanggal 5 dan 20 setiap bulannya. Dengan cara ini, Peserta tidak perlu repot untuk datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan, maupun bank untuk mendaftarkan autodebet iurannya.

” Kemudahan autodebet ini menjadi salah satu upaya BPJS Kesehatan untuk meningkatkan kepatuhan Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri,” jelasnya.

BACA JUGA : Ini Cara Bayar Autodebet BPJS Kesehatan

Bahkan peserta yang tidak memiliki rekening bank atau misal di wilayahnya tidak terdapat titik layanan perbankan, peserta dapat tetap mendaftarkan autodebet iurannya melalui uang elektronik mobile cash.

” Untuk top up uang elektronik Mobile Cash dapat dilakukan di channel Payment Point Online Bankng (PPOB) ataupun lewat tokopedia,” lanjutnya.

Sejak tahun 2018 BPJS Kesehatan telah mengembangkan pembayaran iuran melalui metode autodebet konvensional melalui perbankan, yang bekerjasama dengan 4 bank mitra yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BCA.BPJS Kesehatan juga telah memberlakukan kewajiban bagi peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri dan peserta Bukan Pekerja, untuk melakukan pembayaran dengan metode autodebet.

Angga mengatakan Pengembangan metode pembayaran ini, selain untuk memberikan kemudahan dan kepastian dalam pembayaran iuran, juga menjawab perkembangan digitalisasi industri keuangan. Munculnya berbagai perusahaan fintech dapat dimanfaatkan BPJS Kesehatan untuk mengoptimalkan pemanfaatan aplikasi Mobile JKN. BPJS Kesehatan juga akan mendorong peserta lama untuk beralih kepada metode autodebet.

” Silahkan beralih menggunakan autodebet agar anda tidak lupa membayar,” ajaknya.

4 Makanan Sehat Ini Bisa Bikin Gendut

Previous article

JCW Dorong Kejati Aktif Ungkap Dugaan Korupsi Dana Desa

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja