News

Kemenag Sidang Isbat Awal Zulhijjah Sore ini

0
sidang Isbat

STARJOGJA.COM, Info – Kementerian Agama RI akan menggelar sidang Isbat untuk menentukan awal Zulhijjah 1440 H di Auditorium HM Rasjidi Kemenag RI, Jakarta Pusat, Kamis (1/8/2018) sore nanti.

Penentuan awal Zulhijjah ini untuk mengetahui waktu Iduladha yang dilaksanakan saban 10 Zulhijjah.

“Sidang [dijadwalkan] pukul 16.00,” kata Humas Kemenag RI Khoeron, Kamis (1/8/2019).

Baca Juga : Pemerintah Gelar Sidang Isbat Sore ini

Sidang ini dijadwalkan akan dipimpin oleh Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dipastikan tidak hadir karena tengah bertugas sebagai Amirul Hajj di Arab Saudi.

Sidang isbat nanti akan dihadiri MUI, para Duta Besar Negara sahabat, Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Badan Informasi Geospasial (BIG)

Selain itu Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama juga dijadwalkan hadir untuk penentuan bulan Zulhijjah tahun ini.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim mengatakan penentuan awal Zulhijjah 1440 H menunggu hasil Rukyatul Hilal di seluruh Indonesia yang akan dilaksanakan Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota, bersama dengan Peradilan Agama dan Ormas Islam serta instansi lain setempat.

“Hasil Rukyatul Hilal di seluruh Indonesia dan Data Hisab Posisi Hilal awal Zulhijjah 1440 H akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Zulhijjah 1440 H dan Idul Adha,” katanya.

Rukyatul hilal akan dilakukan pada 90 titik lokasi di Yogyakarta akan dilakukan di POB Syekh Bela Belu, Parang Tritis, Bantul, Yogyakarta.

Jalan Tol Belgia Punya Karya Seni setinggi 60 meter

Previous article

Perlu Optimalisasi Bandara Internasional Yogyakarta

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News