ACT DIY Distribusikan 1.000 Hewan Kurban ke Seluruh Pelosok DIY

0
ACT DIY Distribusikan 1.000 Hewan Kurban

STARJOGJA.COM. JOGJA – Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY mendistribusikan setidaknya 1.000 kambing kurban untuk seluruh pelosok DIY, Jum’at (2/8). Wilayah-wilayah yang menjadi prioritas Global Qurban – ACT dalam mendistribusikan hewan kurban ialah wilayah dengan taraf ekonomi yang rendah, wilayah pasca bencana, serta daerah-daerah yang sangat membutuhkan bantuan hewan kurban.

“InsyaAllah di momentum Idul Adha kali ini ACT DIY akan mendistribusikan 1.000 ekor kambing ke seluruh DIY, daerah prioritas yang mendapatkan distribusi paling banyak adalah Gunungkidul dan Kulonprogo” ujar Bagus Suryanto, Kepala Cabang ACT DIY dalam keterangan tertulisnya kepada Starjogja.com.

BACA JUGA : ACT DIY Siapkan Program Droping Air Bersih Untuk Gunungkidul

Bagus menambahkan, seperti yang kita ketahui Gunungkidul merupakan daerah yang kini sedang dilanda kekeringan dan gagal panen yang luar biasa, sementara di Kabupaten Kulonprogo terutama yang agak pelosok jarang mendapatkan daging kurban ketika Idul Adha tiba.

Untuk wilayah DIY pasokan hewan kurban, didatangkan dari Lumbung Ternak Wakaf (LTW) milik Global Wakaf – ACT yang berada di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Selanjutnya sekitar 1.000 ekor kambing kurban ditampung di kandang ternak milik ACT DIY yang berlokasi di Akademi Relawan Indonesia (ARI) di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem – Sleman.

“Kambing-kambing kurban yang akan di kurbankan tersebut sebelumnya sudah di timbang dengan berat rata-rata 27 kilogram dengan usia diatas 1 tahun agar memenuhi syarat sahnya hewan kurban” lanjut Bagus.

Sebagai gambaran pemerataan distribusi, 1.000 ekor kambing ACT DIY akan dibagikan sesuai ploting, 300 ekor untuk Kabupaten Gunungkidul, 300 ekor untuk Kulonprogo, 150 ekor untuk Bantul, 150 ekor di distribusikan di Sleman, dan sebanyak 100 ekor akan di distribusikan di wilayah Kota Yogyakarta.

Selain itu, secara keseluruhan ACT rencananya akan mendistribusikan hewan kurban di 265 kabupaten/kota yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia dan 50 negara di penjuru dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here