News

Taiwan Gempa, Kini Bersiap Hadapi Topan Lekima

0
gempa tuban
ilustrasi gempa

STARJOGJA.COM, News – Gempa 6 skala richter menguncang pantai timur laut Taiwan pada Kamis (8/8/2019) pagi. Akibat gempa Taiwan tersebut 2.000 gedung mengalami pemadam listrik.

Sumber dari Reuters mengungkapkan gempa dangkal mengguncang gedung di ibu kota, Taipei. Sumber gempa berada di dekat wilayah timur laut Yilan memiliki kedalaman 22 km atau 13 mil.

Sejauh ini, tidak ada laporan langsung tentang kerusakan signifikan atau korban jiwa.

Baca Juga : Fakultas Biologi UGM Pererat Kerja Sama Dengan National Central University Taiwan

Setelah dilanda gempa 6 skala richter, Taiwan kini harus bersiap menghadapi badai topan yang diperkirakan akan terjadi hari ini, Kamis (8/8/2019).

Topan yang bernama Lekima ini berisiko menyebabkan tanah longsor dan kenaikan air laut.

Topan Lekima ini merupakan topan dengan level terkuat menurut biro cuaca Taiwan. Badai ini diperkirakan tiba di pesisir timur laut Taiwan hari ini dengan kecepatan 15 km per jam. Lekima memiliki kecepatan angin maksimum 227 km per jam.

Biro cuaca Taiwan harus memberikan peringatan angin kencang dan hujan untuk sebagian besar kota Taipei, kota pelabuhan Keelung dan beberapa wilayah di bagian utara. Biro tersebut juga memperingatkan para pelaut untuk menghindari pesisir selatan dan timur Taiwan.

Sebelum adanya peringatan topan, Taiwan mengalami gempa bumi berkekuatan 6 skala richter yang mengakibatkan pemadaman listrik hingga 10.000 bangunan dan menewaskan satu wanita akibat tertimpa lemari.

“Gempa bumi menghantam ketika kami melakukan persiapan topan adalah kejadian yang langka,” ungkap perdana menteri Su Tseng-chang dalam rapat tanggap darurat.

Pemerintah menegaskan agar semua pihak terkait untuk tetap waspada akan terjadinya badai topan tersebut.

Menteri Lukman Dinyatakan Terbukti Menerima Rp70 Juta

Previous article

Anggota DPR RI Komisi VI Kena OTT KPK

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News