Kab Sleman

50 Anggota DPRD Sleman 2019 -2024 Resmi Dilantik

0
gedung DPRD Sleman
Anggota DPRD Sleman (Humas Sleman)

STARJOGJA.COM, News – Sebanyak 50 Anggota DPRD Sleman dilantik masa jabatan 2019 -2024, bertempat di Pendopo Parasama Komplek Setda Kabupaten Sleman, Senin (12/8). Prosesi pelantikan diawali dengan Sidang Paripura DPRD Kabupaten Sleman yang dipimpin oleh Haris Sugiharta.

Pimpinan rapat memaparkan apa saja yang sudah dilakukan DRPD Kab. Sleman Periode 2014-2019, jumlah penerbitan produk Hukum dan lain sebagainya. Kemudian dilanjutkan dengan pelantikan yang dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Sleman Annas Mustaqim.

Usai Pengambilan Sumpah Jabatan dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara dan Penyematan Lencana Anggota DPRD, kemudian dilakukan juga pembacaan Pimpinan Sementara DPRD Sleman yakni Haris Sugiharta dan Wakil Sementara DPRD Sleman Raudi Akmal.

Baca Juga : Kontrak Pembangunan Gedung DPRD Sleman Akan Dilakukan Multi Years

Bupati Sleman Sri Purnomo membacakan sambutan Gubernur DIY Sri Sultan Hamangku Buwono X berharap jajaran DPRD Kabupaten Sleman dapat menyelenggarakan urusan pemerintah sesuai dengan yang telah diamanahkan oleh konstitusi.

“DPRD memiliki peran strategis dalam fungsi legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan,” katanya.

Jajaran DPRD Kabupaten Sleman yang baru, harus mampu mengoptimalkan fungsi keterwakilan untuk memperjuangkan setiap aspirasi warga.

“Jagalah kualitas DPRD Yang merepresentasikan pluralitas aspirasi dan kepentingan masyarakat,” katanya.

Lanjutnya, Sebagai mitra eksekutif, DPRD Kabupaten Sleman diharapkan bisa memelihara dan membangun hubungan kerja saling mendukung dengan eksekutif, tanpai mengabaikan sikap kritis DPRD.

Menurutnya Anggota Dewan adalah harapan baru yang bisa menuntaskan agenda reformasi, otonomi daerah seluas-luasnya, penegakan supremasi hukum, maupun pemerintah yang bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Adapun Anggota DPRD terlantik berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 176/KEP/2019 tentang Peresmian Pengangkatan Keanggotaan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sleman Masa Jabatan Tahun 2019-2024 dan Pemberhentian Keanggotaan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sleman Masa Jabatan 2014-2019.

Jumlah Calon Terlantik Anggota DPRD Kabupaten Sleman Masa Jabatan 2019-2024 berdasar Jenis Kelamin adalah Laki-laki 37 orang dan Perempuan 13 orang.

Perolehan Kursi Anggota DPRD Kabupaten Sleman, yakni Partai Kebangkitan Bangsa 6 Kursi, Partai Gerindra 6 kursi, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 15 kursi, Partai Golkar 5 kursi, Partai Nasdem 3 kursi, Partai Keadilan Sejahtera 6 kursi, Partai Persatuan Pembangunan 3 Kursi, dan Partai Amanat Nasional 6 Kursi.

BPBD Bantul Minta Rp2 Milliar ke BNPB

Previous article

Mobil Esemka Segera Meluncur Tahun ini

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman