BMKG Sebut Hujan Lebat 14-16 Agustus 2019, Yogya ?

0
8
BMKG
Ilustrasi Hujan (foto: Starjogja.com)

STARJOGJA.COM, News – Hujan lebat berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG menyebutkan potensi hujan lebat dapat terjadi pada 14 hingga 16 Agustus 2019.

“Potensi hujan lebat terjadi disebabkan intrusi massa udara kering dari Belahan Bumi Selatan (BBS) melintasi wilayah Samudera Hindia Barat Perairan Selatan Jawa hingga Teluk Carpentaria Australia,” demikian penjelasan BMKG, Rabu (14/8/2019).

Kondisi tersebut mengurangi kelembaban udara/massa udara basah di lapisan bawah dan menengah sehingga menyebabkan berkurangnya potensi hujan di wilayah yang dilewatinya.

Baca Juga : BMKG : Waspadai Hujan Lebat 3 Hari ke Depan

“Namun, kondisi tersebut meningkatkan potensi pembentukan awan hujan pada wilayah di depan area intrusi massa udara kering akibat terbentuknya massa udara yang basah dan lembab di lapisan bawah,” ulas BMKG.

Massa udara basah lapisan rendah terkonsentrasi di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Riau, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Papua Barat dan Papua.

Daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Papua Barat dan Papua.

Sedangkan low level jet dengan kecepatan angin terpantau >25kt terdapat di wilayah Laut Andaman, laut Arafuru, dan Laut Cina Selatan. Belokan terdapat di Sumatra bagian utara, dan Kalimantan Utara.

Beberapa wilayah yang berpotensi hujan pada hari ini (14/8) hingga esok (15/8) yaitu Aceh, Sumatra Barat, Riau, dan Papua. Sementara untuk lusa (16/8), wilayah Sumatra Barat, Riau, dan Papua masih berpotensi hujan lebat.

Sementara itu, wilayah Indonesia yang berpeluang diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat/petir pada hari ini (14/8) hingga esok (15/8) yaitu Sumatra Utara dan Kalimantan Barat. Lusa wilayah yang berpeluang diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat/petir hanya Kalimantan Barat.

BMKG mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati saat beraktivitas di luar ruang, serta mempersiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan. Peringatan itu terutama ditujukan bagi masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here