Kab SlemanNews

Satpol PP Sleman Tertibkan PKL Taman Denggung Yang Salahi Aturan

0
pkl taman denggung
FOTO : Humas Pemkab Sleman

STARJOGJA.COM, SLEMAN– Satpol PP Sleman Tertibkan PKL Taman Denggung Yang Salahi Aturan . Penertiban dilakukan  dengan melibatkan berbagai unsur di Instansi Pemerintah Kabupaten Sleman.

Penertiban menyasar kepada sejumlah pedagang yang meninggalkan barang maupun peralatan dagangnya di kawasan Denggung. Petugas Satpol PP menyisir kawasan Denggung selatan terlebih dahulu dengan membongkar sejumlah lapak dagang yang ditinggal pemiliknya.

BACA JUGA : Denggung Berpredikat Ruang Bermain Ramah Anak

Kepala Satpol PP Kabupaten Sleman, Hery Sutopo mengatakan bahwa kawasan Denggung merupakan halaman muka Kabupaten Sleman. Menurutnya, kawasan Denggung menjadi ruang publik yang sangat menarik masyarakat, maka dari itu perlu ada perhatian bagi penataan kawasan dalam beberapa hal termasuk ketertiban.

“Kawasan ini sangat menarik, apalagi menjelang peringatan HUT RI ke 74 kita tertibkan. Tapi juga bukan karena itu saja. Ini berlanjut sekaligus menjadi edukasi bagi masyarakat terkait penataan kawasan yang harus memperhatikan sanitasi, ketertiban dan lainnya.” Ujarnya.

Terkait keberadaan PKL di kawasan Denggung, Hery memahami para pedagang yang memanfaatkan kawasan tersebut untuk berdagang. Namun demikian, pemanfaatan kawasan Denggung oleh pedagang ini memiliki peraturan seperti yang telah disepakati antara Pemerintah Kabupaten dengan 50 PKL di Kawasan Denggung.

“PKL ini adalah warga masyarakat kita sendiri. Mereka mencari penghasilan dengan memannfaatkan keramaian Denggung. Namun demikian Pemkab Sleman juga harus menata, agar kerapian, keamanan, kenyamanan juga bisa kita jaga. Tetapi PKL kita juga beri kesempatan melalui penataan yang kita lakukan supaya semua bisa kita akomodasi,” katanya.

Adapun mengenai kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Sleman dengan paguyuban PKL kawasan Denggung telah disepakati jam operasi para pedagang yang dibagi menjadi tiga waktu. Namun demikian masih ditemukan sejumlah pedagang yang tidak mengindahkan kesepakatan tersebut dengan memasang lapak dagangan semi permanen di kawasan Denggung, serta meninggalkan sejumlah alat dagang di kawasan Denggung.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Emmy Retnosasi dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa dalam penataan PKL di Kawasan Denggung, saat ini Pemerintah Kabupaten Sleman telah menyiapkan lokasi baru bagi PKL yang terdaftar dalam kesepakatan sebelumnya.

Lokasi tersebut bertempat di sebelah selatan Pasar Beran dengan kapasitas yang dinilai akan cukup untuk mengakomodasi PKL di Kawasan Denggung. Namun, relokasi bagi PKL tersebut saat ini masih belum bisa dilaksanakan mengingat perlu adanya koordinasi dan dialog antara Pemerintah Kabupaten Sleman dengan PKL di Kawasan Denggung

UKM Berkuda UGM Juara Equestrian 2019

Previous article

1.211 Anggota Paduan Suara Ramaikan Aubade Pancasila di UGM

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman