Pendidikan

Inilah Cat Tembok dari Serat Sabut Kelapa

0
sabut kelapa
cat tembok alami dari sabut kelapa (Humas UNY)

STARJOGJA.COM, News – Mahasiswa UNY meneliti pemanfaatan zeolit alam dan selulosa dari sabut kelapa sebagai bahan pengisi dan perekat pada cat dinding. Adelia Putri Hestiana Dewi, Anita Rahmawati dan Fakhrizal Naufal dari jurusan pendidikan kimia Fakultas MIPA meneliti hal ini agar dapat menjadikan salah satu produk cat yang ramah lingkungan.

Menurut Adelia Putri Hestiana Dewi sabut kelapa mengandung serat (fiber) dan gabus (pitch) yang menghubungkan satu serat dengan serat yang lainnya.

“Sabut kelapa terdiri dari 75% serat dan 25% gabus,” kata Adelia beberap waktu lalu.

Baca Juga : Cegah Korosi, Jembatan Lempuyangan Akan Dicat

“Potensi penggunaan serat sabut kelapa sebagai biosorben untuk menghilangkan logam berat dari perairan cukup tinggi karena serat sabut kelapa mengandung lignin dan selulosa.”

Anita Rahmawati mengatakan, penelitian serat sabut kelapa dilakukan di Fakultas MIPA UNY. Setelah melalui beberapa proses penelitian di laboratorium maka pembuatan cat tembok emulsi dilakukan.

Cat tembok emulsi yang diperoleh selanjutnya dianalisis berdasarkan SNI 3564:2009 tentang syarat mutu cat tembok emulsi dengan parameter uji kadar padatan total, waktu mengering sentuh, waktu mengering keras, pH, kehalusan dan daya tutup.

Penelitian ini berhasil meraih dana Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian Eksakta tahun 2019 dan lolos dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional yang akan diselenggarakan di Bali akhir Agustus ini.

Iran Pamer Rudal Udara Jarak Jauh

Previous article

Ahsan/Hendra Melaju ke Perempat Final Kejuaraan Dunia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan