Kota JogjaNews

ACT DIY kembali kirim air ke Gunungkidul.

0

STARJOGJA.COM, JOGJA- ACT DIY kembali kirim air ke Gunungkidul. ACT memandang Kabupaten Gunungkidul sebagai fokus distribusi bantuan air selama musim kemarau.

“Ini adalah bantuan kesekian kalinya yang kami distribusikan untuk membantu mengatasi bencana kekeringan pada musim kemarau tahun ini. Totalnya, sudah hampir sekitar 500 truk tangki bantuan air yang kami distribusikan,” kata Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY Bagus Suryanto di sela pemberangkatan truk bantuan air di Yogyakarta, Kamis.

Ia menyebut, Kabupaten Gunungkidul menjadi fokus distribusi tangki air bantuan dari ACT karena 14 kecamatan dari total 18 kecamatan di kabupaten tersebut saat ini sedang mengalami bencana kekeringan.

Bantuan tersebut akan langsung diberikan kepada masyarakat atau ditampung di bak penampungan air yang sudah ada di wilayah itu. Warga yang membutuhkan dapat mengantre untuk memperoleh air bersih. Setiap warga memperoleh sekitar 10 hingga 20 liter air.

Menurut dia, bantuan tangki air tersebut merupakan bantuan jangka pendek yang bisa dilakukan oleh lembaga kemanusiaan tersebut dengan mengandeng berbagai institusi lain.

Sedangkan untuk bantuan jangka panjang untuk mengatasi kekeringan saat musim kemarau dilakukan dengan cara membuat sumur dalam. Di Kabupaten Gunungkidul saat ini sudah dibangun 18 sumur dalam. Setiap sumur dalam dapat mencukupi kebutuhan sekitar 60 hingga 100 kepala keluarga (KK).

” Selain ke Kabupaten Gunungkidul, bantuan air bersih juga diberikan untuk Kabupaten Bantul dan Kulon Progo yang juga mengalami kekeringan saat musim kemarau,” jelasnya.

Ratusan Pelajar Ikuti Lomba Cerdas Cermat Kemaritiman

Previous article

Mengasuh Cucu Dapat Membantu Hidup Lebih Lama

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja