NewsPendidikan

KEIN Dorong Kampus Mendirikan BLK Untuk Menciptakan Wirausaha

0
KEIN wirausaha
FOTO : Humas UIN suka

STARJOGJA.COM. SLEMAN – KEIN Dorong Kampus Mendirikan BLK Untuk Menciptakan Wirausaha. Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), Soetrisno Bachir, menyatakan bahwa Indonesia harus menambah jumlah pengusaha. Langkah tersebut untuk mendorong pertumbuhan ekonomi ke level yang lebih besar. Setidaknya jumlah wirausahawan di Indonesia bisa mencapai 6 persen dari total penduduk.

Menurut Soetrisno Bachir di sini peran pemerintah adalah memfasilitasi, khususnya melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dengan memperbanyak Balai Latihan Kerja (BLK). Tapi itu (BLK) juga diproyeksikan hanya jadi pegawai, pekerja di perusahaan.

“Makanya ke depan akan dibuatkan skema supaya masyarakat lebih terampil, misalnya pendidikan di bidang kuliner, tidak hanya jadi koki, tapi juga bisa membuka usaha kuliner sendiri,” ujar Soetrisno saat memberi materi di hadapan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga pada kuliah umum bertajuk “Menumbuhkan Semangat Berwirausaha Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0”, Kamis (29/8) kemarin.

BACA JUGA : Tingkatkan Kualitas Pegawai, UIN Sunan Kalijaga Gelar Pelatihan Bahasa Inggris

Soetrisno menambahkan seperti di kampus ini misalkan jika didirikan BLK bakal muncul wirausaha baru sesuai bidang keilmuannya. Karena kampus tempatnya orang belajar dan dididik sehingga mudah jika kewirausahaan didorong dari sini.

“Sudah ada kurikulum kewirausahaan dan kemitraan ini akan dibangun pemerintah dengan Perguruan Tinggi”, kata Soetrisno Bachir.

Soetrino menjelaskan bahwa negara kita mengalami kemunduran di bidang industri. Dulu jaman orde baru kondisi politik dan ekonomi dapat terkontrol, sekarang bersifat liberal dan tak terkontrol. Dari situ muncul problem maraknya barang industri masuk ke Indonesia, mengakibatkan negara defisit dan lesunya kekuatan ekspor karena kalah bersaing dengan produk jadi dari luar.

“Masyarakat kita sendiri lebih memilih barang industri yang murah dari luar negeri.”ucap Soetrisno Bachir.

Tembus 9,7 Juta Unit, Pengiriman Smartphone Cetak Rekor

Previous article

Hujan Bersifat Sementara, Musim Hujan Baru di Bulan November

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News