Bisnis Roasting Kopi di Yogyakarta Semakin Panas

0
bisnis roasting kopi
Ilustrasi Alat roasting

STARJOGJA.COM, Kopi – Bisnis Roasting kopi di Yogyakarta bertambah seru dengan adanya Coffee Roastery. Salah satunya Maison Daruma Coffee Roastery di Jl. Ipda Tut Harsono No.48, Muja Muju, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

“Jumlahnya pasti tidak tahu tapi kisaran 200-an roastery, kalo event sampai 200 itu saya anggap wajar, karena sekarang setiap coffee shop dibelakangnya saat ini punya roastery walaupun 1-3 kg. Jadi kalo jumlah coffee shop 600-an kira-kira setengahnya pasti sudah ada roasterynya,” kata Safrudin Yusuf atau Sinjo sebagai Roster Saimon Daruma kepada Starjogja.com.

Menurut Sinjo setiap coffe shop di Yogya memiliki alat roasting kopi sendiri. Namun tempatnya memiliki keunggulan yaitu mesin yang cepat roasting kopi.

“Mesin kita sudah autopilot jadi bacht pertama, kedua, gesernya tidak jauh. Kalo pakai software artisan kita bukan menjelekan ya tapi ketika pakai itu kita harus liat apinya, air flownya. Ditempat kami hanya menuang dan bukanya. Semua sudah di sistem tingkat konsistensi stabil,” katanya.

Bisnis roasting kopi memang mulai menggeliat, namun sedikit yang mampu roasting kopi sebanyak 20 kg. Selain itu alat roasting yang terkomputerisasi juga tidak banyak.

“Saya save nama jenengan dengan set yang itu. Besok pasti sama uniform pasti sama. Kecuali pasca panen itu tidak sama, itu pengaruh karena kita ga tau, sama-sama ijo tapi kita ga tahu petiknya merah atau agak hijau,” katanya.

Bisnis Roasting kopi di Yogya saat ini banyak yang menawarkan keunggulan mesin kopi yang dimilikinya. Ia mengaku di tempatnya menggunakan mesin rosting Buhler yang dibeli sejak tahun 2017 lalu.

“Kita pertama kali dengan kapasitas 20 kg. Jojga Jateng alat sortir kita mungkin yang pertama kali. Keistimewaannya sudah sortir sendiri yang item kesana yang ijo kesini. Ga sampai setengah jam selesai memangkas waktu dan biaya,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here