Flash InfoHealth

Awas! Penyakit Sendi Rentan di Usia 30-an

0
penyakit sendi
Radang sendi - Istimewa

STARJOGJA.COM, HEALTH – Cedera olahraga merupakan salah satu pemicu gangguan pada sendi. Namun, bukan saja pegiat olahraga yang perlu waspada, setiap orang di usia produktif juga patut berhati-hati. Faktanya, Penyakit sendi kini banyak menyerang orang pada usia dewasa muda. Dahulu, gangguan sendi mungkin baru terjadi pada usia lanjut, tetapi fakta menunjukkan sebaliknya.

Laporan dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 mengungkapkan bahwa prevalensi penyakit sendi di Indonesia mencapai 7,3%. Masalah sendi yang terjadi tentu beragam, namun yang paling rentan dan umum terjadi adalah osteoartritis (OA) atau radang sendi.

Dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi Deasy Erika  mengatakan bahwa tren penyakit sendi bahkan kini menyerang manusia usia 30-an. Padahal jika ditelaah, penyakit sendi merupakan bagian dari penyakit degenetatif yang muncul karena faktor usia.

Sayangnya, di Indonesia penyakit sendi telah terjadi di rentang usia 15—24 tahun (1,3%), rentang usia 24—35 tahun (3,1%), dan rentang usia 35—44 tahun (6,3%). Makin muda mengalami radang sendi, makin berkurang produktivitas kerja.

Kenyataan ini seharusnya membuka mata masyarakat bahwa penyakit sendi tak boleh diabaikan. Semua penyakit sendi  harus ditangani dengan serius agar tidak mengganggu kualitas keseimbangan hidup.

SUMBER : BISNIS.COM

Pemerintah : Benny Wenda Lakukan Hasutan Papua

Previous article

PLN Makin Getol Kembangkan Lini Bisnis Internet Rumahan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info