Kota JogjaNews

Ribuan Pesilat Siap Serbu Pencak Malioboro Festival 6 2019

0

STARJOGJA.COM. JOGJA – Ribuan Pesilat Siap Serbu Jogja dalam rangkaian kegiatan Pencak Malioboro Festival 6 2019 yang digelar 6-8 September 2019.

“Hingga saat ini sudah ada sekitar 6.200 pesilat yang mendaftar. Ada yang berasal dari Yogyakarta, daerah di Jawa, Kalimantan dan Sumatera, bahkan dari luar negeri,” kata Panitia Pencak Malioboro Festival 6 Yosi Tangtungan dikutip dari antara.

Rangkaian kegiatan yang akan digelar selama Pencak Malioboro Festival 6 di antaranya adalah Pencak Wisata Budaya untuk memperkenalkan pencak silat dan budaya khas Indonesia kepada pecinta dan pesilat dari mancanegara.

Ia mengatakan Pada tahun ini, kegiatan wisata budaya tersebut digelar untuk tahun ketiga dan diikuti oleh 30 warga asing yang berasal dari Malaysia, Singapura, Australia, Hungaria, dan Jepang.

BACA JUGA : Mendadak Memeluk Jokowi Dan Prabowo

Dalam kegiatan selama empat hari tersebut, peserta akan mempelajari beragam aliran pencak silat tradisional dari berbagai perguruan di nusantara dan akan dikenalkan dengan budaya lokal seperti pembuatan blankon hingga mencoba panahan tradisional atau jemparingan.

“Kegiatan ini memang khusus untuk warga negara asing. Tahun lalu, seluruh peserta berasal dari Jerman yang memiliki latar belakang bela diri,” katanya.

Selain itu, juga akan digelar kompetisi koreografi pencak silat di Plaza Serangan Oemoem 1 Maret pada 6-8 September. Saat ini, sudah ada 34 tim yang mendaftar.

“Kami akan nilai dari berbagai aspek seperti keseragaman gerak, harmoni dengan musik, tata panggung dan lainnya. Harus ada pertunjukan menarik yang bisa ditampilkan agar semakin banyak masyarakat tertarik terhadap pencak silat,” katanya.

Kegiatan Pencak Malioboro Festival 6 akan ditutup dengan dengan pawai raya yang diikuti ribuan pesilat dari 53 perguruan. Kegiatan akan dilangsungkan dari Parkir Abu Bakar Ali melewati Malioboro hingga sekitar Titik Nol Kilometer pada Minggu (8/9).

Logo Piala Dunia Qatar 2022 Diluncurkan

Previous article

Trayek Borobudur-Parangtritis Diharapkan Dorong Pariwisata Bantul

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja