Kota Jogja

Yogyakarta Siap Ikuti Festival Keraton Nusantara 2019

0
Pentas Musikan Mandalasana
Bregodo Prajurit Keraton (starjogja.com)

STARJOGJA.COM, Info – Festival Keraton Nusantara (FKN) XIII 2019 Yogyakarta ikut ambil bagian. Hal ini terlihat dari gladhi bersih yang digelar Keraton Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman di Bangsal Pagelaran Keraton Yogyakarta.

“Tahun ini kita ikut FKN di Luwu, Palopo, Propinsi Sulawesi Selatan dan melibatkan keraton Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman,” kata Penghageng KHP Krdhomardowo Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Notonegoro di Bangsal Pagelaran Rabu (4/9/2019).

KPH Noto mengatakan tahun ini akan mengangkat tema Sri Sultan HB I. Tema ini diambil karena sarat dengan semangat keprajuritan.

Baca Juga : Saat Festival Buku dan Musik Jadi Satu Mocosik 2019

“Tarian yang dibawa juga dipilih yaitu Beksan Lawung yang merupakan ciptaan dari Sultan HB I,” katanya.

Selain beksan Lawung nantinya juga akan menyajikan parade/defile prajurit, pameran benda pusaka dan koleksi kraton Yogyakarta. Koleksi yang dipamerkan pun identik dengan Sultan HB I nantinya.

“Para penari lawung akan mengikuti defile menjadi tim edukator dalam pameran hingga berpartisipasi dalam peragaan busana,” katanya.

KPH Indrokusumo Perwakilan dari Pakualaman mengatakan selain defile pihaknya juga akan memamerkan koleksi dari Kraton Pakualaman. Mulai dari silsilah Pakualaman, foto koleksi kereta dan tradisi adat lainnya.

“Mulai dari bregodo prajurit hingga koleksi yang dimiliki akan dipamerkan nanti,” katanya.

IDX RHB Investment Summit 2019 Siap tangkap Millenial

Previous article

Rekor Jalan Tol Terpanjang di Indonesia Segera Terganti

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja