NewsNusantara

Jalan Panjang Karir Politik BJ Habibie

0
karir politik habibie
Thareq Kemal Habibie (kiri), putera Presiden ketiga RI BJ Habibie, didampingi Kepala RSPAD Gatot Subroto Mayjen TNI dr Terawan Agus Putranto (kanan) memberikan keterangan pers terkait kondisi kesehatan ayahnya, di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Jakarta, Selasa (10/9/2019). - Antara

STARJOGJA.COM, JAKARTA – Presiden ke-3 RI BJ Habibie meninggal dunia dalam usia 83 tahun karena sakit. Sejarah mencatat Jalan Panjang karir Politik BJ Habibie.

Setelah hampir 20 tahun menempuh pendidikan dan bekerja di industri penerbangan Jerman, Ia dipanggil Presiden ke-2 RI Soeharto untuk kembali ke Indonesia untuk mendirikan Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN). Ia juga diberikan mandat oleh Presiden Soeharto sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi pada 1978, dan menjabat selama 20 tahun.

BACA JUGA : N250 Gatotkaca Jadi Karya Emas BJ Habibie

Habibie diangkat sebagai wakil presiden sebagai wakil presiden dalam Kabinet Pembangunan VII pada 14 Maret 1998. Habibie, yang biasanya mengurusi pengembangan teknologi, akhirnya ikut dibuat pusing dengan krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada 1997-1998. Aneka permasalahan yang muncul dari krisis ekonomi jadi salah satu beban kerjanya.

Selang dua bulan kemudian, Habibie menggantikan Soeharto yang menyatakan mundur sebagai presiden, setelah gejolak politik dan reformasi pada 21 Mei 1998.

Berikut Perjalanan Politik BJ Habibie

5 Prestasi Membanggakan dari BJ Habibie

Previous article

Ketua MK Pimpin Upacara Pelepasan Jenazah BJ Habibie

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News