Pendidikan

Sepatu dari Limbah Kulit Bermotif Hewan Langka

0
sepatu dari limbah kulit
Sikil Footwear sepatu dari limbah kulit (Humas UNY)

STARJOGJA.COM, Info – Banyaknya limbah kulit dari perusahaan sepatu, sekelompok mahasiswa UNY memanfaatkan limbah kulit ekspor untuk produk sepatu dari limbah kulit. Nugroho Aji Wibowo, Muhammad Irfan Nurazzaq, Wulan Agustina prodi Pendidikan Kriya dan Ratna Yunita prodi Pendidikan Akuntansi merancang sepatu dari kulit limbah dipadukan motif hewan langka dengan menerapkan teknik ecoprint. Menurut Nugroho Aji Wibowo motif pada hewan langka pada sepatu ini memberikan nilai edukasi kepada masyarakat terutama konsumen.

“Informasi tentang hewan langka juga disampaikan secara tertulis pada packaging dengan tujuan menambah informasi dan meningkatkan kepedulian para pembeli maupun pembaca” katanya.

Sepatu unik ini diberi nama Sikil Footwear. Muhammad Irfan Nurazzaq menjelaskan, alat yang diperlukan sangat gampang dan mudah ditemui.

Baca Juga : Sepatu Kesehatan dari Limbah Salak Ala Mahasiswa UNY

“ Cara membuatnya pertama kali menyiapkan alat dan bahan untuk membuat sampel. Kemudian mendesain sepatu yang akan diproduksi, membuat pola sepatu dan membuat ecoprint. Lalu memotong bahan sepatu dan dijahit untuk sampel produksi. Langkah terakhir adalah finishing dan pengecekan produk, kemudian dipacking,” katanya.

Ratna Yunita menambahkan produk sepatu ini akan dijual secara online melalui aplikasi Instagram, Facebook, Tokopedia, dan Shoope. Selain itu juga dipasarkan secara offline bekerjasama dengan Toko Wenys dan Toko Dwi Jaya yang berada di daerah Manding, Yogyakarta. Sedangkan proses produksi sepatu ini berlokasi di daerah Sentolo, Kulonprogo yang bekerjasama dengan Worklife Handicraft dalam penyewaan alat pembuatan. Karya ini berhasil meraih dana Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa
bidang Kewirausahaan tahun 2019.

MUI Himbau Salat Gaib untuk BJ Habibie

Previous article

Rumah Tempat Habibie Dilahirkan di Parepare Akan Dijadikan Museum

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan