Kab Kulonprogo

Pintu Gerbang Tol Kulonprogo Akan Ada Tiga

0
sejarah kulon progo
Kabupaten kulonprogo

STARJOGJA.COM, Kulonprogo – Trase tol yang melewati Kulonprogo (Solo-Jogja-Kulonprogo) disediakan tiga pintu gerbang tol Kulonprogo (exit-entry toll). Jalur Solo-Jogja-Bawen-Cilacap menjadi satu kesatuan sistem jalan tol.

Jalur tol yang melintasi Kulonprogo, tersambung dari junction tol Jogja-Bawen di wilayah Seyegan. Jalur tersebut dibangun di sisi Utara rel kereta api, berada di sisi Utara Kota Wates menuju ke pinggiran perbukitan Menoreh.

Kepala Dinas PUP-ESDM DIY Hananto mengatakan proses finalisasi untuk jalur tol yang melewati Kulonprogo masuk tahap akhir. Keinginan Pemkab Kulonprogo agar ada tiga pintu gerbang tol Kulonprogo sudah dipenuhi.

Baca Juga : Pintu Keluar Masuk Tol Jogja Solo di ACC

“Kami sudah memfasilitasi rencana Pemkab Kulonprogo untuk memindahkan ibu kotanya menjadi Wates Baru, dengan exit toll. Jalur (di Kulonprogo) sudah hampir final,” katanya kepada Harianjogja, Kamis (12/9/2019).

Selain exit toll ke wilayah Kota Wates Baru, dua exit toll yang akan dibangun di Kulonprogo satu pintu gerbang menuju ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sentolo dan lainnya menuju Bandara YIA.

“Untuk pembangunan tolnya berada di sisi utara jalur rel kereta api, banyak yang elevated, menyambung ke pinggiran kawasan Menoreh menyambung ke jalur Cilacap,” katanya.

Berikut daftar lengkap jalur atau trase yang akan dibangun untuk ruas jalan tol Solo-Jogja-Bawen dan jalur Solo-Jogja-Kulonprogo-Cilacap yang melintasi wilayah DIY:

– Manisrenggo (Klaten), menuju selokan Mataram ke Exit Tol-Entry Tol di Maguwoharjo (Lottemart). Melewati Ring Road Utara di sisi Selatan.

– Menyambung elevated ke Gerbang Tol UPN menyambung ke Gerbang Tol di Monjali, kemudian ke Gerbang Tol Trihanggo (Westlake).

– Jalur tol Elevated di atas Selokan Mataram ke titik junction tol Seyegan menuju junction tol di Bligo. Junction Tol seyegan menyambung ke tol Kulonprogo.

– Jalur tol Kulonprogo, memiliki gerbang tol di Sentolo, Kota Wates Baru, dan sisi barat exit toll menuju Bandara YIA. Jalur ini menyambung menuju jalur tol Cilacap.

Sumber: DPUP ESDM DIY

Ini Rencana Jalur Tol Solo Jogja Bawen

Previous article

ORI DIY Membuka Posko On The Spot

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *