Flash Info

Dukungan Suami kepada Ibu Hamil Sangat Berarti

0
ibu hamil perokok
Ibu Hamil (foto : JIBI)

STARJOGJA.COM, Info – Dukungan suami kepada ibu hamil selama mengandung janinnya sangat penting. Beberapa tindakan yang mungkin dinilai sepele oleh suami bisa jadi dukungan besar bagi sang ibu yang tengah mengandung.

Psikolog Keluarga dan Anak dari Tiga Generasi Putu Andani mengatakan, perempuan hamil sangat rentan mengalami stress karena perubahan alami yang terjadi. Stress berlebihan bisa berdampak buruk terhadap kesehatan ibu hamil dan janinnya. Untuk itu, dukungan suami kepada ibu hamil sangat penting agar tetap bisa mengelola tingkat stressnya.

“Suami harus paham tentang makna kehamilan, walaupun istri yang mengandung, tetapi hamil itu dialami berdua bersama suami,” ujarnya kepada bisnis Selasa (17/9/2019).

Baca Juga : Makin Banyak Kasus Perceraian Zaman Now Akibat Suami Tak Bekerja

Jika suami sudah memiliki pemikiran kehamilan dialami bersama istri, maka ibu hamil akan merasa memiliki partner sejati untuk menghadapi kehamilan yang penuh tantangan.

Putu mencontohkan, beberapa dukungan yang bisa dilakukan suami kepada istrinya yang tengah mengandung, yakni mengambil keputusan bersama, kontrol rutin bersama, mendegarkan keluh kesah isrti secara simpatik, dan membantu hal-hal sulit hingga hal sepele lainnya.

“Peran suami ini sangat vital. Sebuah penelitan menunjukkan dukungan suami dapat meningkatkan kondisi kehamilan ibu dibandingkan dukungan orang terdekat lainnya,” imbuhnya.

Selain suami, ada beberapa komponen pendukung ibu hamil lainnya, yakni keluarga dan kerabat dekat. Putu menyarankan, keluarga dan kerabat bisa mengajak ibu hamil melakukan aktivitas yang menarik dan tidak menyinggung berbagai hal negatif terkait kehamilan.

“Ibu hamil juga jangan berpikir terlalu jauh dan berlebihan, serta bersikap terbuka dengan orang-orang terdekatnya,” ujarnya.

Vidi Aldiano Gandeng Raline Shah dan A. Nayaka

Previous article

Tanggapan Garin Nugroho Filmnya Wakili Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info