Flash Info

Seleksi 79 Produk UMKM yang Masuk YIA

0
Natamukti Award 2019
UMKM yang masuk YIA

STARJOGJA.COM, News – Dinas Koperasi UMKM Kulonprogo menyeleksi lagi 79 produk UMKM yang masuk YIA. Kepala Dinas Koperasi UMKM Kulonprogo, Sri Harmintarti mengatakan total ada 79 produk UMKM yang saat ini dalam tahap seleksi.

Hal itu dilakukan untuk memilih, produk mana yang kemungkinan bisa masuk dipasarkan di Bandara YIA. Setelah berjalan enam bulan, produk dikurasi, apabila tetap menunjukan kualitas yang bagus, akan bertahan, apabila tidak, maka akan diganti produk lainnya.

“Kurasi dilakukan secara bertahap di tiap kelompok usaha. Saat ini kita lagi kurasi di sektor fashion. Tanggal 24 September nanti untuk kelompok boga,” kata Harmin kepada Harianjogja Rabu (18/9/2019).

Baca Juga : 100 UMKM Bantul Siap Masuk Gerai YIA

Pihaknya mengusulkan terlebih dahulu produk yang kemungkinan bisa dikurasi oleh Pemerintah Provinsi DIY.

“Dalam pengusulan 79 produk Kulonprogo itu, kami bentuk tim terpadu, jadi yang mengusulkan tidak hanya dari Dinas Koperasi dan UMKM saja, tapi juga ada OPD terkait seperti Dinas Pertanian dan Pangan atau Dinas Perdagangan,” terang Harmin.

Sejak operasional pertama di Mei sampai saat ini, ada sembilan produk UMKM yang sudah dipasarkan di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Produk tersebut antara lain Kopi StarProg, Cokelat Wondis, gula semut, cabe kemasan, batik, t-shirt Sugriwa Subali, souvenir gamelan, tenun samiya, dan produk fesyen geblek renteng.

Harmin menambahkan, Sembilan produk yang saat ini masih dipasarkan itu tetap ikut kurasi lagi. Apabila masih layak dipasarkan di bandara, maka dari sembilan itu tetap dipertahankan, apabila tidak bisa bersaing maka terpaksa harus diganti sama UMKM lainnya.

Salah satu pelaku UMKM pemilik usaha fashion Sugriwa Subali, Himawan Ardhi mengatakan, produk kaos dengan merek Sugriwa Subali sudah dipasarkan sejak April lalu di Bandara YIA. Awalnya pengunjung yang melihat produk hanya dari kalangan pejabat atau instansi saja, namun kini, masyarakat umum bisa melihat produk UMKM-nya.

Menurut Ardhi, berbagai keuntungan didapatkan saat produknya masuk bandara, salah satunya memperluas pangsa pasar. Tidak hanya warga lokal Kulonprogo saja yang melirik produk kaus bertemakan Sugriwa Subali, tapi juga dari banyak wilayah yang mendatangi bandara bisa melirik produk Sugriwa Subali.

Namun, menurutnya, tidak cukup berpuas diri saja karena sudah bisa dipasarkan di bandara, tapi harus bisa bersaing ikuti lagi kurasi agar bisa tetap dipasarkan di bandara.

“Terpenting sekarang itu, kualitas terus ditingkatkan agar bisa tetap dipasarkan di bandara. Karena pastinya ke depan bisa saja tersisihkan,” kata Ardhi.

Yusaku Maezawa Jual Perusahaanya Demi ke Bulan ?

Previous article

Imam Nahrawi Berpamitan ke Seluruh Staf

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info