Kota JogjaNews

Titik Lokasi Jalan Tol di Jogja Masih Bisa Bergeser

1
Tol Jogja Solo
Ilustrasi Jalan Tol

STARJOGJA.COM, JOGJA – Pemda DIY cukup berhati hati dalam menentukan titik lokasi jalan tol. Agar tidak salah untuk menentukan titik lokasinya, pengecekan dilakukan langsung ke lapangan.

Sekda DIY Gatot Saptadi mengatakan saat ini Pemda DIY masih mempelajari dokumen perencanaan terkait titik lokasi jalan tol yang melewati wilayah DIY. Penentuan lokasi belum bisa dilakukan sebelum pengecekan di lapangan selesai dilakukan.

“Permintaan IPL kan masih belum ada, yang masuk baru dokumen perencanaan. Itu hasil pembicara sebelumnya. Ini seperti yang diajukan Dirjen Perkeretaapian saat mengajukan jalur kereta bandara,” katanya dikutip dari harianjogja.com.

Gubernur DIY, kata Gatot, meminta agar Dinas terkait untuk mengecek langsung dokumen perencanaan yang disampaikan oleh Dirjen Bina Marga apakah sesuai dengan kondisi di lapangan. Dokumen perencanaan tersebut menyangkut calon lokasi lahan yang dilewati jalan tol.

“Teknis perencanaan [bina marga], berapa luasnya dan lainnya, setelah semua disetujui [gubernur], baru ada IPL,” katanya.

BACA JUGA : Ini Rencana Jalur Tol Solo Jogja Bawen

Pengecekan ke lapangan dilakukan tidak hanya di atas kertas, tetapi juga diminta oleh Sultan untuk terjun ke lapangan.

“Sebenarnya bukan tugas Pemda, tetapi Sultan minta agar dilakukan cek lapangan. Wong di atas kertas belum tentu sama di lapangan,” katanya.

Jika ada titik lokasi yang tidak disetujui oleh Gubernur DIY, kata Gatot, maka hal itu bisa mengubah titik lokasi yang direncanakan.

“Jadi titik lokasinya masih bisa bergeser. Kalau akan dilelang tahun depan, pastinya IPL harus diajukan tahun ini,” katanya.

Sebelumnya, Kepala BPJT Danang Parikesit saat dikonfirmasi Harian Jogja mengatakan jika proses pengajuan penetapan lokasi (Penlok) untuk jalur tol di wilayah DIY terus berproses. Pengajuan permohonan IPL untuk trase tol yang menghubungkan Solo-Jogja dan Jogja-Bawen sudah disampaikan pada pekan lalu.

Saat ini pengajuan IPL tersebut masih diproses oleh Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) DIY.

“Usulan Penlok Dirjen Bina Marga [masih] sampai Kronggahan. Yang sampai batas DIY masih difinalkan,” paparnya, Senin (16/9/2019) malam.

Dalam waktu dekat, lanjut dia, Dirjen Bina Marga akan mengajukan permohonan Penlok untuk jalur tol yang melewati wilayah Kulonprogo. Menurut Danang, Bina Marga saat ini terus melakukan finalisasi pengajuan izin penetapan lokasi (IPL) untuk tol yang melewati Kulonprogo.

“Posisi sekarang adalah usulan penetapan lokasi dari Dirjen Bina Marga ke Gubernur DIY. Sebentar lagi usulan Penlok diajukan,” katanya.

Aplikasi Bukalapak Kembali Tersedia di Playstore

Previous article

Ngayogjazz 2019 Digelar di Dukuh Kwagon Godean

Next article

You may also like

1 Comment

  1. Saya Mau hiburan ke jogha fresfresing pikiran jadi saya Mau ke sama sendiri

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja