Kota JogjaNews

Antisipasi Kebakaran, Kelurahan di Kota Jogja Inginkan APAR

0
APAR

STARJOGJA.COM, JOGJA – Masyarakat kota Jogja semakin sadar akan adanya acaman kebakaran yang bisa saja terjadi kapan saja.

Dinas Kebakaran Kota Jogja menyatakan sejumlah kelurahan mengusulkan pemenuhan fasilitas alat pemadam api ringan (APAR) di tiap rukun tetangga, setelah seluruh rukun warga sudah dilengkapi fasilitas tersebut.

“Ada dua kelurahan yang mengusulkan melalui musrenbang, yaitu dari Suryatmajan dan Purbayan. Kami akan kaji usulan yang disampaikan,” kata Kepala Bidang Pencegahan Dinas Kebakaran Kota Jogja, Isharyanto dilanir dari Antara, Selasa, (24/9/2019).

Baca juga : BPBD Kulonprogo Minta Masyarakat Waspadai Potensi Kebakaran Lahan

Menurut dia, jika memungkinkan maka pemenuhan fasilitas alat pemadam api ringan sebanyak satu unit untuk tiap RT akan diusulkan melalui Rencana APBD 2020 untuk kemudian dibahas bersama dengan legislatif.

Namun demikian, ia mengkhawatirkan jika usulan tersebut disetujui dan seluruh RT akan memperoleh fasilitas APAR, maka anggaran yang ada di Dinas Kebakaran akan tersedot cukup banyak untuk merealisasikan program tersebut terlebih ada sekitar 2.500 RT di Kota Yogyakarta.

Oleh karena itu, lanjut dia pemenuhan fasilitas pemadam api ringan tersebut tidak harus dipenuhi dengan mengalokasikan anggaran secara langsung melalui Dinas Kebakaran.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk pemenuhan fasilitas APAR bisa dialokasikan melalui anggaran di wilayah, seperti melalui kecamatan atau kelurahan.

10 Orang Ditangkap Dalam Kasus Klitih Jl Parangtritis

Previous article

Melawat ke Malang, PSS Akan Kurangi Long Pass

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja