3 Kebakaran Lahan Terjadi di Hari Minggu

0
Kebakaran lahan minggu
ilustrasi kebakaran hutan (Istimewa)

STARJOGJA.COM, JOGJA – BPBD DIY meminta masyarakat waspadai Potensi kebakaran lahan saat musim kemarau. Di Hari Minggu (29/09), Pusdalops BPBD DIY mencatat ada 3 kejadian.

Manajer Pusdalops BPBD DIY Danang Syamsu Rizal mengatakan peristiwa pertama terjadi di Ngepring purwobinangun Kecamatan Pakem. Lokasi yang dimiliki oleh 3 orang ini terbakar diduga akibat kegiatan bakar sampah.

Peristiwa kedua terjadi di hutan yang ada di Dusun Nglebeng dan Dusun Ngaren, Banjar Asri Kecamatan Kalibawang Kulon progo

” Lahan yang terbakar kurang lebih 6 hektar. Sumber api tidak diketahui, ” terangnya dalam keterangan tertulisnya kepada Starjogja.com.

BACA JUGA : Jokowi : Kebakaran Hutan dan Lahan Terorganisasi

BPBD mengimbau kepada masyarakat untuk tidak sembarang dalam membakar sampah kering maupun membuang benda-benda yang berpotensi menimbulkan api.

” Jangan membakar sampah yang berdekatan dengan lahan atau rerimbunan pohon,” himbaunya.

Pusdalops BPBD DIY menyebut api dalam sekejap membesar karena lokasi yang terbakar banyak terdapat tanaman yang daunnya meranggas. Api kian membesar karena tiupan angin yang kencang, sehingga menjadikan lahan yang terbakar kian luas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here