Kota JogjaNews

Pasar Malam Sekaten Digelarnya 2 Tahun Sekali

0
Pasar Malam Sekaten

STARJOGJA.COM, JOGJA – Pemda DIY membantah pelaksanaan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) sama sekali tidak digelar selama perayaan sekaten di Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Pasar Malam Sekaten Tetap Ada, Digelarnya 2 Tahun Sekali.

Gubernur DIY sekaligus Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan HB X Gubernur DIY sekaligus Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan berdasarkan hasil kesepakatan dengan Pemkot Jogja pelaksanaan PMPS hanya dilakukan dua tahun sekali.

“Untuk pasar malam dua tahun sekali. Keramaian Sekaten dikurangi. Itu kesepakatannya,” kata Sultan seusai melantik Pejabat Sekda DIY di kompleks Kepatihan, Jumat (4/10/2019).

BACA JUGA : Sekaten : Tradisi Meraih Berkah dan Awet Muda

Menurut Sultan, kegiatan PMPS merupakan tanggung jawab Pemkot. Seharusnya, Pemkot mengumumkan kesepakatan tersebut.

“Mestinya diumumkan oleh Pemkot, tapi tidak diumum-umumkan. Kasihan yang mau ke Sekaten,” kata Sultan.

Sultan memiliki alasan tersendiri pelaksanaan PMPS hanya dilakukan dalam dua tahun sekali. Salah satu alasannya, karena kegiatan tersebut tidak didanai oleh APBD.

“Anggarannya kan non-APBD Dikarenakan belum diumumkan. Tahun depan [PMPS] ada,” katanya.

Sebelumnya, saat jumpa pers perayaan Sekaten 2019 di Bale Raos, Kamis (3/10), Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Notonegoro membenarkan jika rangkaian Hajad Dalem Sekaten tahun ini tidak lagi diisi dengan kegiatan pasar malam. Menurutnya, hal itu merupakan keinginan dari Ngarsa Dalem.

Salah satu alasannya, kata Notonegoro, agar semangat Hajad Dalem Sekaten bisa dikembalikan ke era awal Kerajaan Mataram Islam di tanah Jawa.

Menurut Notonegoro kegiatan ini memang sudah ada sejak zaman penjajahan. Hanya pasar malam itu bukan bagian dari perayaan Sekaten.

Tidak adanya pasar malam juga didasarkan pada fakta di mana setelah pasar malam, kondisi Alun-Alun Utara yang amburadul. Rumput banyak yang rusak dan kondisi lahan tidak karu-karuan.

Jogja Tuan Rumah Canon PhotoMarathon Indonesia 2019

Previous article

OVO Jadi Unikorn Kelima Asal Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja