Flash Info

Pakan Sapi Berbentuk Permen Ciptaan UMM

0
pakan sapi berbentuk permen
pakan sapi berbentuk permen (bisnis)

STARJOGJA.COM, Info – Dosen Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang berhasil menciptakan pakan sapi berbentuk permen. Pakan inovatif ini berdampak positif pada peningkatkan konsumsi pakan serta kualitas susu sapi.

Produk pakan ternak inovatif ini merupakan hasil penemuan program pengabdian dua Dosen Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Asmah Hidayati dan Khusnul Khotimah. Program pengabdian ini dilakukan di Desa Kemiri, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.

Asmah yang juga Ketua Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian dan Peternakan UMM mengatakan permen sapi atau dikenal dengan urea molases block (UMB) adalah feed additive yang bisa diberikan kepada ternak secara langsung atau digantung.

Baca Juga : UGM Ciptakan Suplemen Pakan Ramah Lingkungan

UMB ini terdiri dari bahan pakan molases tetes, urea, bekatul, dedak, bingkil kedelai, tepung, bingkil kelapa, gibs sebagai perekat, mineral dan vitamin.

Formula ini untuk mencukupi kebutuhan ternak khususnya ternak perah, supaya mineral vitamin dan bahan lain bisa memberikan efek positif dari pengaruh penambahan bahan-bahan ini ke dalam bahan pakan. Dengan begitu konsumsi pakan meningkat dan diharapkan nutrisinya terpenuhi.

“Nutrisi dan kuantitas pakan terpenuhi akan menyebabkan produksi susu meningkat. Selain kuantitas produsi susu meningkat, juga kualitas produksi susu meningkat,” ujar Asmah kepada Bisnis Rabu (9/10/2019).

Peningkatan kuantitas dan kualitas susu terjadi karena UMB mengandung bahan-bahan yang mampu menstimulir efektifitas enzim, meningkatkan hormonal yang bisa memacu produksi susu. Hal itu menyebabkan kualitas dan kuantitas susu meningkat terutama dari sisi kandungan lemak dan protein susunya.

UMB ini dikenal sebagai permen sapi karena dicetak dengan ukuran standar untuk seekor sapi. Tentunya UMB harus diproduksi setiap hari jika peternak ingin meningkatkan pakan secara berlanjut.

“Kendala di lapangan yaitu peternak menginginkan diproduksi massal sementara peternak tinggal membeli saja,” ucap Asmah.

Ada juga UMB yang khusus untuk dijilat. Ukurannya lebih besar, bisa digantung, komposisinya agak berbeda. Lebih banyak pada mineral mix yang akan ditambahkan fungsinya hanya untuk menjilat.

“Ibaratnya seperti sambel, berfungsi meningkatkan nafsu makan ternak tersebut,” ungkap Asmah.

Suplemen ini efeknya berbeda jika dicampur dengan feed additive atau bahan yang ditambahkan ke dalam ransum lain. Ketika dicampur feed additive lain dampaknya akan berbeda juga, baik dari tingkat pencernaanmaupun penyerapannya.

Temuan UMB ini selain dapat meningkatkan produksi susu, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan taraf ekonomi peternak.

Program pengabdian diikuti 20 peternak sebagai pioneer. Saat ini pelaksanaan program masih dalam proses pendampingan dan observasi apakah produk yang diberikan ke peternak menimbulkan peningkatan produksi dan kualitas susu.

UGM Membatalkan Kuliah Umum Abdul Somad

Previous article

Jalur Kereta Api Menuju Borobudur Lintasi 6 Kecamatan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info