Sebaran Hujan Abu Usai Letusan Gunung Merapi

0
akumulasi gas
Hujan abu di Jumoyo Salam usai Merapi keluarkan awan panas (istimewa)

STARJOGJA.COM, Info – Sebaran hujan abu usai Gunung Merapi mengeluarkan awan panas pada tanggal 14 Oktober 2019 pukul 16:31 WIB. Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edy Susanto mengatakan setidaknya ada 6 kecamatan yang terkena sebaran hujan abu Merapi.

“Nanti laporan pasti akan terus berkembang. Seiring turunnya debu yang terbawa angin,” katanya kepada Starjogja.com Senin (14/10/2019).

Edy mengatakan enam Kecamatan yang terdampak ini ada di Kecamatan Srumbung, Dukun, Salam, Sawangan, Muntilan dan Mungkid. Paling banyak terdampak sebaran hujan abu Merapi ada di Kecamatan Dukun yaitu 7 wilayah yaitu Sumber, Talun, Ngargomulyo, Kalibening, Ngadipuro, Mangunsoko dan Dukun.

Baca Juga : Merapi Keluarkan Awan Panas, Hujan Abu di Magelang

“Kecamatan Srumbung , Ngargosoko, Mranggen dan Srumbung. Kecamatan Salam ada di Sucen dan Jumoyo. Kecamatan Sawangan ada di Sawangan lalu Kecamatan Muntilan ada di Tamanagung , Muntilan dan Kecamatan Mungkid ada di Bojong dan Pabelan,” katanya.

Edy mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak BPPTKG dan memantau baik melalui media sosial maupun rekan – rekan di Wilayah KRB III.

” Sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat di Wilayah KRB III dan Pembagian masker,” katanya.

Sementara itu info dari twitter BPPTKG terjadi awan panas letusan di Gunung Merapi pada tanggal 14 Oktober 2019 pukul 16:31 WIB. Awan panas terekam di seismogram dengan durasi 270 detik dan amplitudo 75 mm. Terpantau kolom setinggi max. ±3.000 m dari puncak. Angin bertiup ke arah Barat Daya. Status Waspada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here