Pendidikan

Sepus Marten, Putra Asli Papua Raih Cumlaude

0
Sepus Marten
Sepus Marten (Humas UGM)

STARJOGJA.COM, Info – Salah satu putra terbaik dari tanah papua, Sepus Marten Fatem, S.Hut., M.Si., berhasil meraih gelar doktor dengan predikat cumlaude dalam bidang ilmu kehutanan di Kampus Universitas Gadjah Mada. Pria yang menjadi dosen di Kehutanan Universitas Papya dan menjadi staf ahlu Bupati Tambrauw ini berhasil menyesailakan pendidikan doktor IPK 3 tahun 8 bulan.

“Lulus dengan predikat cumlaude, dengan begitu promovenduz menjadi doktor ke -94 yang lulus dari fakultas kehutanan UGM,” kata Dekan Fakultas Kehutanan UGM Dr. Budiadi, S.Hut., M Agr. Sc selaku ketua tim penguji saat membacakan hasil ujian terbuka promosi doktor di Fakultas Kehutanan, Senin (14/10).

Ketua tim promotor Prof. Dr. Ir. San Afri Awang, M.Sc., promotor Prof Dr San Afri Awang mengatakan Sepus Marten Fatem mendapat gelar akademik tertinggi dari fakultas kehutanan UGM. Oleh karena itu, ia mengharapkan ilmu pngetahuan yang didapat bisa dimanfaatkan untuk pengambilan kebijakan pembangunan di tanah Papua.

Baca juga : 1000 Tas Perlengkapan Sekolah Untuk Papua

“Setalah ini, Anda akan banyak mendapat tugas berat untuk mengembangkan Papua. Pembangunan Papua harus dimulai dari segala sisi, ada satu hal yang perlu diingatkan, bangunlah papua dengan hati nurani untuk melindungi kepentingan orang asli Papua,” kata Guru Besar Fakultas Kehutanan UGM ini.

Dalam disertaasinya yang berjudul Konstruksi Kabupaten Konservasi Tambrauw: Kontestasi Aktor, Peran Power, Biofisik dan Adapatasi, Sepus Marten Fatem mengatakan Tambrauw merupakan kabupaten pemerkaran di Kabupaten Papua Barat sejak tahun 2008 dan 2013 dengan luas 11.373,96 kilometer persegi. Sekitar 80% adminsitrasi pemerintahan wilayah ini mencakup hutan konservasi dan hutan lindung. Dengan statusnya sebagai wilayah yang hampir semuanya hutan lindung dan hutan konservasi, beberapa pola konservasi tradisional alam oleh masyarakat aslil Papua masih tetap dipertahankan.

“Ada lima komunitas besar atau lima suku besar yang masih menjadikan kawasan hutan untuk adat, beberapa lokasi dijadikan daerah leluhur sehingga wajib dijaga,” katanya.

Konsep kabupaten konservasi menurutnya dimaknai sebagai kegiatan pemerintahan menyelenggarakan pembangunan berlandaskan pemanfaatan berkelanjutan, perlindungan sistem penyangga kehidupan dan pengawetan keanekaragaman hayati dan ekosistemnya.

Menurutnya pemerintah kabupaten perlu mendorong upaya perubahan tata kelola sebagai perwujudan implementasi kabupaten konservasi yang mengedepankan aspek konservasi sebagai domain pembangunan daerah secara kolektif. Selanjutnya pemkab dan pemda perlu meningkatkan program-program pemberdayaan ekonomi kreatif berbasis unggulan spesifik lokal.

“Salah satunya melalui penataan fokus implementasi kabupaten konservasi dan pengembngan destinasi wisata sebagai sektor primer pembangunan,” katanya.

Selain itu, ia mengusulkan dilakukan peninjauan kembali rencana pembangunan tata ruang dan wilayah agar proses rasionalisasi fungsi hutan dan kawasan dapat mendukung pembangunan kabupaten ini sebagai kabupaten konservasi.
“Minimal 70 persen kawasan lindung darat, pesisir dan laut tetap dipertahankan,” katanya.

Beras Analog Fungsional Dikembangkan di Lombok Timur

Previous article

Somewhere in Tajikistan Karya Andien & DEKAT

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan