Kab Kulonprogo

BumilKu Masuk 10 Besar Ajang Inovasi Nasional

0
ibu hamil perokok
Ibu Hamil (foto : JIBI)

STARJOGJA.COM, Info – Aplikasi Ibu Hamil Kulonprogo atau disebut BumilKu masuk 10 besar dalam ajang Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial yang digelar oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) pada 19 Agustus 2019.

Sekda Kulonprogo, Astungkoro mengatakan Bumilku merupakan program unggulan Pemkab Kulonprogo. Program yang mengandalkan informasi geospasial untuk menekan angka kematian ibu melahirkan tersebut merupakan bagian dari penerapan Smart City. Perwujudannya dalam bentuk aplikasi pemantauan kesehatan ibu hamil yang mengintegrasikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Geospasial.

Tidak hanya BumilKu, pemkab Kulonprogo juga punya aplikasi lain dalam upaya menekan angka kematian ibu melahirkan. Aplikasi yang masih tahap penyiapan itu diberi nama MatahatiKu. Aplikasi ini berfungsi untuk memantau kesehatan ibu pasca melahirkan dan pertumbuhan anak di 1.000 hari pertama.

Baca Juga : Aplikasi BumilKu Tekan Angka Kematian Ibu

“Kami telah mulai merintis dan diuji coba di Puskesmas Panjatan II,” kata Astungkara kepada Harianjogja.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kulonprogo, Hunik Rimawati mengatakan, dengan aplikasi Bumilku, kesehatan ibu dan anak dipantau. Pendataan Bumilku dengan sistem geographic information system (GIS). Di dalam aplikasi itu bakal terlihat klasifikasi tentang bumil mana saja yang dalam kondisi sehat dan terganggu kesehatannya.

Hunik mengatakan, pada kasus kematian ibu saat melahirkan, salah satu penyebabnya yaitu penyakit yang beresiko. Dengan aplikasi Bumilku tersebut, penyakit yang beresiko pada ibu melahirkan bisa terpantau sehingga bisa dilakukan penanganan sedini mungkin. “Ada secara real time terpantau. Harapannya Kulonprogo bisa zero kasus kematian ibu melahirkan,” ucap Hunik.

Disadur dari laman kominfo.kulonprogokab.go.id, BIG Indonesia akan menggelar penganugrahan Bhumandala Award 2019 dan memperingatan Hari Informasi Geosparsial pada Kamis (17/10/2019). Adapun kota yang mendapat penghargaan yaitu Kota Bandung, Kota Manado, dan Kota Semarang.

Selain ketiga kota itu, Kabupaten Kulonprogo turut diundang karena telah berhasil meraih predikat terbaik dalam Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial 2019. “Kami menggundang Bupati Kulon Progo untuk menerima Bhumandala Award inovasi pemanfaatan informasi Geospasial, dalam rangkaian acara puncak peringatan Hari Informasi Geospasial 2019,” kata Kepala BIG Hasanudin Zainal Abidin.

Mitos Minum Air Lemon Kurangi Berat Badan

Previous article

Penderita Kaki Gajah di Indonesia Terus Meningkat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *