Kab GunungkidulKab Sleman

Desa Nglanggeran dan Desa Pentingsari Masuk 100 Dunia

0
Desa Nglanggeran
Warga Nglanggeran membentangkan bendera raksasa (foto : Bayu)

STARJOGJA.COM, Info – Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul dan Desa Wisata Pentingsari, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, berhasil menyabet penghargaan bergengsi dunia di bidang pariwisata yakni sebagai Sustainable Destinations Top 100 Dunia.

“Di DIY ada dua desa wisaya yang menerima yakni Nglanggeran dan Pentingsari. Penghargaan diserahkan 2 Oktober 2019,” kata Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, saat ditemui Harian Jogja di Desa Wisata Nglanggeran, Selasa (15/10/2019).

Ia mengungkapkan penilaian tersebut diikuti oleh seluruh negara di dunia dan dilakukan penyaringan hingga 100 besar yang menjadi peraih penghargaan bergengsi. Menurutnya, banyak penilaian yang diberikan oleh juri internasional di antaranya pemanfaatan sebelum dan sesudah desa wisata itu dibangun.

Baca Juga : Desa Nglanggeran Jadi Potensi Pesona Indonesia

Singgih menuturkan perbedaan dan pemanfaatan dua desa wisata di DIY sehingga masuk dalam penjurian ajang bergengsi dilihat dari sisi pelestarian desa wisata, ekosistem yang masih terjaga, hingga kemanfaatan hadirnya pariwisata dalam mendongkrak ekonomi dan budaya masyarakat sekitar. “Bagian itulah yang dinilai sebagai sebuah keseimbangan antara aktivitas wisata dengan alam, tidak merusak tapi justru melestarikan alam,” ujarnya.

Dengan penghargaan yang diraih, Singgih mengimbau kepada perangkat desa, pokdarwis dan seluruh warga untuk terus melestarikan apa yang ada di desa, baik dari sisi budaya hingga alam demi mempertahankan dan meningkatkan pencapaian penghargaan. “Kalau semakin dilestarikan dan dijaga, maka mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat,” ujarnya

Dispar terus mengontrol dan mendampingi desa-desa wisata tersebut dan lainnya. “Kami selalu melakukan pendampingan baik fisik maupun nonfisik sehingga semua desa wisata memiliki daya saing dan bisa menarik wisatawan,” kata dia.

Penulis Naskah Film Deadpool Tegaskan Akan Terbatas

Previous article

Hari Santri Nasional, Ponpes Sunan Kalijaga Shalawatan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *