News

Basuki Hadimuljono Kembali Jabat Menteri PUPR

0
proyek tol Solo
Menteri PUPR Dianugerahi Hamengku Buwono IX Award ( FOTO : Humas UGM)

STARJOGJA.COM, Info – Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) periode 2014—2019 mengungkapkan dirinya diminta untuk melanjutkan kembali tugasnya sebagai Menteri PUPR.

Secara umum, dia menyebutkan Presiden Jokowi menginginkan dirinya untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur dan mengkoneksikannya dengan sektor pariwisata dan kawasan perindustrian.

Basuki Hadimuljono pun mencontohkan sejumlah kawasan industri misalnya Brebes dan Ngawi, serta pembangunan infrastruktur destinasi pariwisata Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

Baca Juga : Jokowi : Kebakaran Hutan dan Lahan Terorganisasi

“Beliau [hanya] menyampaikan lanjutkan pembanguan infrastruktur, hanya dapat bonus makan siang, dengerin Queen dan Metalica. Biasanya ke sini [makannya] ke Sari Bundo,” katanya Bisnis, Selasa (22/10/2019).

Menurutnya, dia mengaku siap untuk melanjutkan tugasnya di Kementerian PUPR karena dirinya sudah bekerja di kementerian tersebut cukup lama.

“Kalau perintah pasti saya laksanakan, saya mohon terima kasih kepada kerja sama dan kalau besok saya dilantik, mohon doanya supaya bisa istiqomah,” jelasnya.

Pria kelahiran 5 November 1954 ini terkenal dengan pengabdiannya di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selama puluhan tahun.

Karier Basuki dimulai saat lulus dari teknik geologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada usia 25 tahun. Dia pun memilih menjadi pegawai negeri sipil di Kementerian Pekerjaan Umum.

Kariernya dihabiskan Basuki di instansi ini. Saat di Kementerian Pekerjaan Umum, Basuki mendapat beasiswa untuk melanjutkan jenjang magister dan doktor di Colorado State University, USA. Pada usia 35 tahun meraih master dan doktornya pada usia 38 tahun.

Menginjak umur 41 tahun dia dinobatkan sebagai pegawai teladan departemen pekerjaan umum. Sejumlah posisi dia pernah duduki.

Saat umurnya menginjak kepala lima kariernya terus melejit. Dia mengemban jabatan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, lalu menjadi Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum, dan puncaknya jadi Direktur Jenderal Penataan Ruang di Kementerian Pekerjaan Umum.

Terlepas dari pekerjaannya di Kementerian pekerjaan umum, Basuki dipercaya menjadi tim penanggulangan lumpur Lapindo, Porong, Siodoarjo, Jawa Timur, Rehabilitasi Pasca Tsunami Aceh, Kerawanan Pangan Yahukimo – Papua, dan kerusakan jalan tol Purbaleunyi, Bandung, Jawa Barat.

Setelah mengabdi 31 tahun lebih, Basuki pun diminta Jokowi untuk menjadi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI pada 2014 silam.

Garuda Indonesia Uji Coba Pesawat Tanpa Awak 2020

Previous article

Wartawan Foto Dipukul Saat Laga PSIM Lawan Persis

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News