FeatureNews

Cuaca Panas Ekstrem Selama 3 Hari Kedepan, Hoax

0
cuaca panas ekstrem selama 3 hari kedepan
cuaca panas ekstrem selama 3 hari kedepan (BMKG)

STARJOGJA.COM, Info – Beredar informasi di media chat Grup WA terkait cuaca panas ekstrem selama 3 hari kedepan. Kepala Stasiun Klimatologi Mlati Yogyakarta Reni Kraningtyas mengatakan informasi yang beredar di Grup WA soal cuaca panas ekstrem 3 hari kedepan dipastikan hoax.

“Berita tersebut adalah HOAX karena tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah,” katanya sesuai siaran rilis yang diterima Starjogja.com Rabu (23/10/2019).

Reni mengatakan berdasarkan pengamatan di BMKG Stasiun Klimatologi Mlati Yogyakarta, suhu udara maksimum tanggal 22 dan 23 Oktober 2019 adalah 32 °C. Suhu maksimum selama 5 hari terakhir yaitu antara 31 – 36 °C.

Baca Juga : Cuaca Panas di Jogja Sampai Berapa Derajat

“Suhu 36°C terjadi pada tanggal 21 Oktober 2019 dan hari berikutnya hingga hari ini tanggal 23 Oktober 2019, tren suhu menunjukkan penurunan,” katanya.

Informasi yang beredar di beberapa Grup WA masyarakat Yogyakarta soal cuaca panas ekstrem selama tiga hari kedepan jelas tidak benar. Menyikapi berita Hoax yang marak beredar di Medsos, Reni menghimbau kepada masyarakat Yogyakarta untuk memastikan kebenaran berita tersebut dengan mengklarifikasi kepada instansi terkait yaitu BMKG DIY, Stasiun Klimatologi Mlati Yogyakarta.

“Tidak menyebarkan berita yang diterima sebelum memastikan berita tersebut adalah benar atau valid,” katanya.

Reni menjelaskan saat menghadapi masa pancaroba, BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai kondisi cuaca ekstrim yang berpotensi terjadi, seperti angin kencang/putting beliung, hujan intensitas sedang-lebat yang bersifat local.

“Mewaspadai kondisi cuaca yang berfluktuasi, sehingga berpengaruh terhadap kesehatan,” katanya.

Seperti diketahui, sebelummnya beredar informasi di beberapa grup WA dan media sosial soal cuaca panas ekstrem selama tiga hari kedepan. Isi informasi yan beredar sebagai berikut :

“Untuk kawan-kawan semua,.. mulai besok sampai 3 hari ke depan di harapkan kurangi aktifitas di luar rumah karena cuaca panas extreme melanda Indonesia untuk 3 hari ke depan. Banyak minum air mineral dan multivitamin ya Bro… Temperatur panas extreme yang terbaca oleh deteksi satelit hari ini, adalah di daerah :
Jakarta 38°C
Depok 38°C,
Serang Banten 44°C
Bekasi 38°C
Tangerang 44°C
Jogjakarta 40°C
Malang 44°C
Solo 45°C
Madiun 39°C
Magelang 39°C
Purworejo 40°C
Madura 42°C
Bali 45°C
Lombok 43°C
Riau 45°C
Pekanbaru 45°C
Batam 42°C
Makassar 43°C
Pare-pare dan bone 40°C
Papua Nugini, nyaris mendekati 50°C

Daerah lain masih dalam pantauan mitigasi klimatologi NASA.
Jaga kesehatan, pola makan, dan banyak minum air ya, Kawan. Panas extreme pemicu dehidrasi, malaria, tifus, campak, dan pelemahan sel jaringan otak”

Janji Para Menteri Jokowi Usai Dilantik

Previous article

Jokowi Tidak Menetapkan Target 100 Hari Kerja

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature