Flash Info

Mengapa Anak-Anak Bisa Kurang Tidur?

0
Bahayanya Anak Main Ponsel
Anak main gadget - lifehacker

STARJOGJA.COM, Info – Bukan hanya orang dewasa yang bisa kekurangan waktu tidur karena insomnia. Namun, kurangnya waktu tidur juga bisa dialami oleh anak-anak karena beragam alasan. lalu, mengapa anak-anak bisa kurang tidur?

Masalah ini sama sekali tidak sepele, karena kurang tidur pada anak-anak bisa menimbulkan sejumlah masalah, termasuk peningkatan tingkat obesitas, kesehatan mental yang buruk, dan kinerja akademis yang memburuk.

Pada titik ini, sulit untuk menyatakan bahwa data tentang tidur dan anak-anak tidak jelas atau tidak jelas. Pada 2015, Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) mengamati perilaku tidur pada siswa sekolah menengah dan menengah. Penelitian mereka agak meresahkan, menunjukkan bahwa sekitar 60 persen sekolah menengah dan 73 persen siswa sekolah menengah kurang tidur daripada yang direkomendasikan (per CDC, 9-12 jam malam untuk anak-anak usia 6 hingga 12, dan 8-10 jam malam untuk anak usia 13 hingga 18).

Baca Juga : Sulit Tidur ? Lakukan Cara ini Agar Cepat Terlelap

Ini penting, karena, sebagaimana dinyatakan oleh ulasan yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics, “kurang tidur remaja menimbulkan risiko serius bagi kesehatan fisik dan emosional, keberhasilan akademis, dan keselamatan pemuda bangsa kita.”

Mengapa anak-anak bisa kurang tidur? begini alasannya seperti dikutip dari psychologytoday.com :

1. Penggunaan perangkat elektronik

Ada bukti kuat bahwa penggunaan perangkat elektronik berdampak negatif pada tidur pada anak-anak. Sebagai contoh, sebuah tinjauan tahun 2015 mengamati 67 studi tentang hubungan antara penggunaan perangkat elektronik dan tidur di usia muda, menyimpulkan bahwa waktu layar sangat mungkin membahayakan tidur pada anak-anak usia sekolah dan remaja. Elektronik berbasis layar nampaknya menciptakan masalah ini dengan menggusur tidur dan mengubah ritme sirkadian (ini juga terjadi pada orang dewasa).

2. Perubahan jam internal

Ada juga gagasan bahwa ketika anak-anak memasuki masa puber, tubuh mereka secara alami mendorong jam internal mereka ke depan, membuat mereka lebih cenderung begadang dan bangun terlambat. Dampak penggunaan gadget pada malam hari dapat meningkatkan proses alami ini, menggerakkan jam internal mereka lebih jauh ke depan.

3. Waktu mulai sekolah awal

Waktu mulai sekolah awal dapat berkontribusi pada masalah juga. Memulai sekolah lebih siang tampaknya meningkatkan durasi tidur pada siswa secara signifikan.

Bagaimana dengan kekhawatiran kinerja akademik yang memburuk jika siswa ketinggalan pendidikan dini hari? Tidak hanya kinerja akademik tidak memburuk, tetapi banyak penelitian juga menunjukkan bahwa itu benar-benar membaik pada mereka yang mulai sekolah lebih siang

4. Kafein

Patut disebutkan bahwa kafein juga berkontribusi pada buruknya tidur di masa muda. Mungkin sedikit yang terkejut dengan saran ini — tetapi ketika 73 persen anak-anak minum kafein pada hari tertentu, itu mungkin memainkan peran yang lebih besar daripada yang kita duga. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa hubungan antara kafein dan tidur mungkin rumit.

Sumber : psycology today

Ibu yang Menyusui Manfaatnya Bagi Kesehatan

Previous article

Minum Air Dingin Saat Panas Sebabkan Heat Stroke?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info