Kota JogjaNews

Gebyur Jadi Cara Tingkatkan Konsumsi Buah dan Sayur

0
Gebyur Konsumsi Buah dan Sayur
FOTO : Aldi

STARJOGJA.COM, JOGJA – Gebyur Jadi Cara Tingkatkan Konsumsi Buah dan Sayur. Tingkat konsumsi buah dan sayur yang masih rendah mendorong Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta untuk menggelar kampanye “Gebyur” atau Gerakan Memasyarakatkan Mengonsumsi Buah dan Sayur agar pemenuhan gizi dari buah dan sayur tercapai.

“Rata-rata, konsumsi sayur oleh masyarakat Yogyakarta hanya satu sampai dua porsi per hari. Itu pun dalam porsi kecil. Masih sangat rendah sehingga perlu ditingkatkan,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Sugeng Darmanto.

Menurut dia, buah dan sayur adalah bagian dari jenis makanan yang juga harus dipenuhi untuk menjaga keseimbangan asupan gizi selain karbohidrat dan protein yang biasanya hanya dipentingkan oleh masyarakat.

BACA JUGA : Warga Kota Enggan Makan Sayur dan Buah

Oleh karena itu, buah dan sayur juga harus terus diperkenalkan kepada masyarakat, mulai dari anak-anak agar mereka memiliki kebiasaan yang baik untuk memasukkan buah dan sayur dalam menu makanan mereka sehari-hari.

“Dari menu sarapan, makan siang dan makan malam sebaiknya dilengkapi dengan buah dan sayur. Harapannya, kebutuhan gizi mereka pun terpenuhi,” katanya.

Kampung Sayur maupun Lorong Sayur yang tersebar merata di seluruh kelurahan di Kota Yogyakarta diharapkan mampu mendukung kampanye Gebyur sehingga masyarakat bisa memenuhi kebutuhan sayur dan buah dari pekarangan mereka sendiri atau dari lingkungan di sekitar rumah.

“Apalagi, penanaman sayur maupun buah di Kampung Sayur dilakukan secara organik. Sayur yang diperoleh pun lebih sehat karena bebas dari pestisida. Kampung Sayur pun bisa semakin berkembang karena hasil panen dibeli oleh warga sekitar,” katanya.

Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta menampilkan sejumlah produk pertanian dalam acara Gelar Potensi Pertanian dan Festival Satwa 2019 yang diselenggarakan Jumat-Minggu (25-27/10/2019) di halaman Balai Kota Yogyakarta.

Beberapa produk pertanian nan segar hadir pada kesempatan itu.Pengunjung bisa melihat produk-produk pertanian itu pada Gelar Potensi Pertanian dan Festival Satwa 2019. Tiap-tiap kecamatan di Kota Yogyakarta menampilkan hasil pertanian terbaiknya.

Sumber : antara

Program Beras Untuk Santri Indonesia (BERISI) Diluncurkan

Previous article

24 Kontingen Ikuti Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja