Kota JogjaNews

Tol Solo-Jogja-YIA Masuk Tahap Pelelangan

0
tol Solo–Jogja-Kulonprogo tanpa rest area

STARJOGJA.COM, JOGJA – Progres pembangunan jalan tol yang menghubungkan Solo-Jogja-Yogyakarta International Airport (YIA) dengan panjang 93,4 kilometer masuk tahap pelelangan.

Mengutip laman resmi Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR), pendaftaran prakualifikasi ini dimulai pada 3 November 2019 hingga 3 Januari 2020.

Proyek yang merupakan proyek Atas Prakarsa Badan Usaha (Unsolicited Project) dengan Hak Menyamakan Penawaran (right to match) pada konsorsium PT Adhi Karya (Persero) Tbk., Gama Group, dan PT Daya Mulia Turangga, diperkirakan menelan investasi hingga Rp22,54 triliun.

Baca juga: Ini Desa di DIY yang Dilewati Tol Solo-Jogja-Bawen

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan Pelelangan Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) dilakukan untuk tetap membuka peluang bagi badan usaha di luar konsorsium untuk ikut berinvestasi di dalamnya. Artinya, kendati ide pembangunan jalan tol Jogja-Solo berasal dari badan usaha, keberadaan kompetitor tetap diperhitungkan.

“Badan usaha mana yang bisa memberikan tarifnya lebih murah, tentu akan ditetapkan sebagai pemenang tender oleh pemerintah,” ujarnya dikutip dari Bisnis.com pada Selasa (5/11/2019).

Dalam catatan Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, pada awalnya ruas tol ini akan terus membentang hingga Cilacap. Namun, badan usaha pemrakarsa kemudian memutuskan untuk mendahulukan pembangunan ruas Solo-Jogja-Kulonprogo.

Bayu

Musim Pancaroba, Dinkes Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

Previous article

Puluhan Atraksi Akan Meriahkan Selasa Wage Malioboro

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja