Kota JogjaNews

Baskara Aji Jadi Sekretaris Daerah (Sekda) DIY

0
sekda diy

STARJOGJA.COM, JOGJA – Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik R. Kadarmanta Baskara Aji jadi Sekretaris Daerah (Sekda) DIY .

Baskara Aji yang sebelumnya bertugas sebagai Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY resmi menduduki jabatan Sekda DIY menggantikan Sekda DIY sebelumnya Gatot Saptadi yang telah pensiun.

“Peran seorang sekda sangat sentral karena berkewajiban memimpin sekretariat daerah serta membantu gubernur menyusun kebijakan dan membina hubungan kerja dengan pihak ekstrenal dan internal aparatur di jenjang bawah,” kata Sultan.

Sultan mengatakan penetapan seorang sekda telah lolos “fit and proper test” melalui penelitian rekam jejak berdasarkan banyak faktor, antara lain jaminan terwujudnya sistem merit dalam kebijakan dan manajemen ASN oleh Komisi ASN.

“Kemampuan lainnya adalah ‘influencing skill’, kemampuan persuasi agar proses internalisasi gagasan baru dapat dilaksanakan serta memperoleh dukungan pihak luar,” kata Raja Keraton Yogyakarta ini.

Sultan meminta Baskara Aji sebagai Sekda DIY yang baru hadir sebagai akselerator berbagai pembangunan. Berbagai proyek pembangunan itu meliputi aerotropolis dan prasarana konektivitas Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, maupun ke wilayah Joglo-Semar, penyelesaian pembangunan JJLS, Pelabuhan Tanjung Adikarta, serta Marine Techno-Park dan Agro Techno-Park.

Menurut Sultan, agar amanah dalam mengemban jabatan Sekda DIY bisa terwujud maka perlu komitmen, kemauan, dan tanggung jawab serta mau belajar.

“Dengan belajar bisa diharapkan hadirnya “living organozation” sebuah organisasi birokrasi yang tidak sekadar hadir tetapi memiliki makna bagi masyarakat,” kata dia.

Sementara itu, Baskara Aji yang ditemui seusai acara pelantikan mengatakan hal pertama yang akan dilakukan adalah berkoordinasi dengan jajaran pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) di DIY untuk melakukan percepatan penyelesaian tugas baru maupun yang lama.

“Tentu saya sebagai orang baru di sekretariat daerah segera berkoordinasi dengan teman-teman lain untuk menyusun agenda. Apa saja yang harus kita laksanakan, oleh siapa, waktunya kapan, target mutunya seperti apa akan kita koordinasikan dalam waktu dekat,” kata Aji.

sumber : antara

Tilang Terbanyak Terkait Pelanggaran Penggunaan Helm

Previous article

Simon McMenemy Dipecat, Luis Milla Jadi Pelatih Lagi?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja